Faktor penentu keputusan pembelian produk Blackberry: studi pada karyawan Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah Cabang Malang / Astrid Novianita Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor penentu keputusan pembelian produk Blackberry: studi pada karyawan Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah Cabang Malang / Astrid Novianita Putri

Putri, Astrid Novianita (2014) Faktor penentu keputusan pembelian produk Blackberry: studi pada karyawan Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah Cabang Malang / Astrid Novianita Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Novianita Astrid. 2014. Faktor Penentu Keputusan Pembelian Produk Blackberry pada Karyawan Bank BTN Syariah Cabang Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra M.Si (2) Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata kunci Faktor Keputusan Pembelian Bentuk Fisik Fitur Kemudahan Akses Iklan Kebutuhan Gaya Hidup Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi karyawan Bank BTN Syariah Cabang Malang dalam membeli produk Blackberry. Dimana teknologi smartphone saat ini semakin berkembang dengan pesat. Pengguna Blackberry di Indonesia mulai meningkat sejak kemunculan perdananya oleh RIM di tahun 2005. Dalam kurun waktu terakhir penulis menyadari bahwa produk Blackberry hampir kalah bersaing dengan produk smartphone berbasis android. Tetapi pada kenyataannya penelitian yang dilakukan di Bank BTN Syariah Cabang Malang menyatakan bahwa masih banyak karyawan yang menggunakan produk Blackberry dikarenakan tuntutan pekerjaan yang mengharuskan mereka menggunakan produk tersebut. Tujuan penelitian ini selanjutnya yaitu (2) untuk mendeskripsikan faktor mana yang paling mendominasi keputusan pembelian produk Blackberry pada karyawan Bank BTN Syariah Cabang Malang. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Faktor Eksploratori dimana dari 26 indikator pembentuk faktor terbentuk 6 faktor yang dapat dijelaskan sebagai faktor yang menentukan keputusan pembelian produk Blackberry pada karyawan Bank BTN Syariah Cabang Malang. Berdasarkan hasil analisis data 6 faktor yang ditemukan sebagai faktor-faktor penentu keputusan pembelian produk Blackberry pada karyawan Bank BTN Syariah Cabang Malang adalah faktor bentuk fisik (F1) faktor fitur (F2) faktor kemudahan akses (F3) faktor iklan (F4) faktor kebutuhan (F5) dan faktor gaya hidup (F6). Faktor yang paling dominan dan banyak dipilih responden sebesar 68 18% menentukan keputusan pembelian produk Blackberry adalah faktor bentuk fisik. Dimana indikator yang mendukung faktor tersebut adalah indikator bentuk fisik (x1) keypad yang trendy (x2) layar touchscreen yang sensitif (x3) baterai yang tahan lama (x5) resolusi layar yang tinggi (x6) dan kualitas kamera yang jernih (x7). Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini penulis memberikan saran agar produk-produk Blackberry lebih berinovasi dalam hal keunikan (bentuk fisik maupun fitur) yang ditawarkan pada produknya agar tidak kalah bersaing dengan produk smartphone lainnya. Di samping itu distributor atau agen yang menjual produk Blackberry harus mampu meningkatkan inovasi misalnya dengan memberi potongan harga agar angka penjualan tidak berkurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31563

Actions (login required)

View Item View Item