Pratama, Andika Fadli Pratama (2024) Pengaruh kesadaran literasi vokasional dan adversity quotient (aq) terhadap kesiapan memasuki dunia kerja di era revolusi industri 4.0 pada siswa kelas xii tei di smkn 1 blitar / Andika Fadli Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi yang cepat sudah berimbas pada dunia industri yang sekarang sudah mengalami transformasi menjadi era rovolusi industri 4.0. Dalam hal ini sekolah kejuruan harus bisa berbenah dan menyusun strategi dalam menyelaraskan pendidikan dengan kebutuhan industri untuk mencetak lulusan yang siap bekerja di era revolusi industri 4.0. Dibutuhkan kesadaran literasi vokasional dan adversity quotient (AQ) sebagai aspek pendukung kesiapan kerja di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan kesadaran literasi vokasional (X1) adversity quotient (X2) dan kesiapan memasuki dunia kerja di era revolusi industri 4.0 (Y) dan untuk mengetahui pengaruh X1 pada Y pengaruh X2 pada Y dan X1 dan X2 secara simultan pada Y pada siswa kelas XII TEI SMKN 1 Blitar. Penelitian ini memakai metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Subjek dalam studi ini adalah siswa kelas XII kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri SMKN 1 Blitar tahun ajaran 2023/2024 yang sudah menjalankan prakerin dengan jumlah populasi dan sampel sejumlah 51 siswa. Data didapat dengan memakai angket atau kuesioner yang sudah di uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data pada studi ini memakai uji prasyarat analisis uji regresi linear berganda dan sumbangan prediktor. Semua uji dilakukan dengan memakai bantuan software SPSS. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) kesadaran literasi vokasional dalam kategorisasi tinggi (2) adversity quotient dalam kategorisasi sangat tinggi (3) kesiapan memasuki dunia kerja di era revolusi industri 4.0 dalam kategorisasi sangat tinggi (4) secara positif signifikan dan parsial kesiapan memasuki dunia kerja di era revolusi industri 4.0 mendapat pengaruh dari kesadaran literasi vokasional (5) secara parsial positif dan signifikan kesiapan memasuki dunia kerja di era revolusi industri 4.0 mendapat pengaruh dari adversity quotient dan (6) secara simultan positif dan signifikan kesiapan memasuki dunia kerja di era revolusi industri 4.0 pada siswa kelas XII TEI SMKN 1 Blitar mendapat pengaruh dari kesadaran literasi vokasional dan adversity quotient. Kesimpulan penelitian ini yakni (1) tingkat X1 X2 dan Y memiliki rata-rata pada kategori tinggi (2) secara parsial positif dan signifikan Y mendapat pengaruh dari X1 dan Y serta X2 dan (secara simultan positif dan signifikan Y mendapat pengaruh dari X1 dan X2).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |