Hananto, Ocha Shafira Hananto (2024) Hubungan keterampilan kerja dan pengalaman program asistensi mengajar terhadap minat menjadi tenaga pendidik bagi mahasiswa s1 pte um / Ocha Shafira Hananto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sebagai seorang pendidik harus memiliki persiapan yang matang agar dapat tercapainya tujuan pembelajaran. Kesiapan ini tidak hanya terkait dengan pemahaman dan kemampuan terampil tetapi juga melibatkan aspek internal yaitu minat. Dibutuhkan keterampilan kerja dan pengalaman program asistensi mengajar menjadi faktor untuk meningkatkan minat menjadi tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan kerja pengalaman program asistensi mengajar dan minat menjadi tenaga pendidik bagi mahasiswa S1 PTE UM (2) mengungkapkan hubungan antara keterampilan kerja (X1) dan minat menjadi tenaga pendidik (Y) (3) mengungkapkan hubungan antara pengalaman program asistensi mengajar (X2) dan minat menjadi tenaga pendidik (Y) (4) mengungkapkan hubungan antara keterampilan kerja (X1) dan pengalaman program asistensi mengajar (X2) terhadap minat menjadi tenaga pendidik (Y) secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Metode penelitian ini menerapkan metode ex post facto. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa S1 PTE Angkatan 2019 dan 2020 Universitas Negeri Malang. Pengambilan data dilakukan dengan kuisioner yang disebarluaskan secara acak kepada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro UM yang telah mengikuti program Asistensi Mengajar atau pun sudah mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Analisis pada penelitian ini diolah menggunakan bantuan software SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel X1 berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 75 28% variabel X2 berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 79 77% dan variabel Y berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 44 94%. Keterampilan kerja dengan minat menjadi tenaga pendidik memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai koefisien korelasi 0 653. Pengalaman program asistensi mengajar dengan minat menjadi tenaga pendidik memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai koefisien korelasi 0 653. Keterampilan kerja dan pengalaman program asistensi mengajar dengan minat menjadi tenaga pendidik memiliki hubungan yang signifikan secara simultan dengan nilai 0 579. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dengan Y (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X2 dengan Y (3) terdapat hubungan positif dan signifikan secara simultan antara X1 dan X2 terhadap Y bagi mahasiswa S1 PTE UM. Mahasiswa yang memiliki keterampilan yang baik akan memperoleh kepercayaan diri terhadap kemampuan nya. Semakin tinggi tingkat pengalaman yang didapatkan selama asistensi mengajar yang di dapatkan semakin besar minat untuk menjadi tenaga pendidik. Mahasiswa yang memiliki keterampilan dan pengalaman yang baik akan berdampak signifikan dan hubungan positif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315489 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |