Saputra, Wahyu Dana Saputra (2024) Hubungan self actualization dan kohesivitas keluarga terhadap kesiapan karir sebagai guru kejuruan pada mahasiswa s1 pendidikan teknik elektro fakultas teknik universitas negeri malang / Wahyu Dana Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Saputra Wahyu Dana. 2024. Hubungan Self Actualization dan Kohesivitas Keluarga Terhadap Kesiapan Karir Sebagai Guru Kejuruan pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Gres Dyah Kusuma Ningrum S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Guru Kesiapan Karir Kohesivitas Keluarga Self-actualization. Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro harus memiliki kesiapan karir yang matang untuk terjun sebagai guru. Sebagai calon guru memiliki self-actualization menjadi penting karena hal tersebut memfasilitasi proses pencapaian tujuan pribadi khususnya dalam konteks mempersiapkan diri menjadi seorang guru kejuruan Selain itu kesiapan karir dipengaruhi oleh kohesivitas keluarga merujuk pada tingkat keterikatan keterhubungan atau kepaduan yang kuat dalam hubungan antar anggota keluarga. Konsep ini menunjukkan seberapa eratnya ikatan emosional dukungan komunikasi yang positif saling pengertian dan kesatuan tujuan di antara anggota keluarga. Salah satu aspek kohesivitas keluarga adalah dukungan keluarga yang secara signifikan mempengaruhi kesiapan karir. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat self-actualization (X1) kohesivitas keluarga (X2) dan kesiapan karir sebagai guru (Y) (2) memaparkan signifikansi hubungan secara parsial antara self-actualization (X1) terhadap kesiapan karir (Y) amp kohesivitas keluarga (X2) terhadap kesiapan karir (Y) (3) mengeksplorasi hubungan antara self-actualization (X1) amp kohesivitas keluarga (X2) terhadap kesiapan karir (Y). Metode eks post facto digunakan pada penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif dan deskriptif korelasional sebagai rancangan penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner lalu diuji validitas dan reliabilitas. Reliabilitas X1 0 957 X2 0 957 dan Y 0 966. Metode sampling adalah sampling jenuh yang melibatkan 49 mahasiswa PTE UM. Analisis data menggunakan perangkat lunak statistik SPSS termasuk analisis korelasi sederhana dan ganda. Selain itu analisis sumbangan efektif dan relatif juga dilakukan untuk memahami kontribusi relatif dari masing-masing variabel terhadap kesiapan karir. Hasil penelitian diketahui (1) kesiapan karir sebagai guru berkategori tinggi (2) self actualization berkategori tinggi (3) kohesivitas keluarga berkategori tinggi (4) koefisien korelasi parsial self actualization dan kesiapan karir sebesar 0 756 dan taraf signifikansi 0.000 (5) koefisien korelasi parsial kohesivitas keluarga dengan kesiapan karir sebesar 0.526 dan taraf signifikansi 0.000 dan (6) koefisien simultan self actualization kohesivitas keluarga dengan kesiapan karir sebesar 0.769 dan taraf signifikansi 0.000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) X1 dengan Y amp X2 dengan Y memiliki hubungan positif dan signifikan (2) X1 dan X2 secara simultan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan Y.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |