Pengaruh pembelajaran praktikum dan pengalaman praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa kelas xii jurusan teknik instalasi tenaga listrik smk negeri 6 malang / Dita Rochmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran praktikum dan pengalaman praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa kelas xii jurusan teknik instalasi tenaga listrik smk negeri 6 malang / Dita Rochmawati

Rochmawati, Dita Rochmawati (2024) Pengaruh pembelajaran praktikum dan pengalaman praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa kelas xii jurusan teknik instalasi tenaga listrik smk negeri 6 malang / Dita Rochmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berfokus pada pengembangan dan kualitas kinerja siswa pada jenjang pendidikan menengah kejuruan. Namun pada kenyataannya SMK justru menjadi penyumbang angka pengangguran tertinggi yaitu sebesar 9 60%. Hal ini dikarenakan masih rendahnya tingkat kesiapan kerja siswa SMK. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan pembelajaran praktikum (X1) pengalaman kegiatan praktik lapangan (X2) dan kesiapan kerja (Y) pada siswa kelas XII Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 6 Malang (2) mengungkap pengaruh yang signifikan antara variabel X1 dan Y (3) mengungkap pengaruh yang signifikan antara variabel X2 dan Y dan (4) mengungkap pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel X1 X2 dan Y. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh yang berjumlah 65 siswa dengan status telah melakukan PKL. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup wawancara semi terstruktur observasi non partisipan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif uji prasyarat analisis analisis regresi ganda analisis korelasi ganda sumbangan relatif dan sumbangan efektif dengan bantuan software IBM SPSS Statistic SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel X1 mayoritas persentase berada dalam kategori tinggi (66 2%). Variabel X2 mayoritas persentase berada dalam kategori tinggi (69 3%). Variabel Y cenderung tinggi dengan persentase (61 6%). Hubungan secara parsial antara X1 dan Y serta X2 dan Y memiliki nilai thitung gt ttabel yaitu 10 779 gt 1 669 dan 13 124 gt 1 669. Hubungan secara simultan antara X1 X2 dan Y memiliki nilai fhitung gt ftabel yaitu 93 546 gt 3 989. Sumbangan efektif X1 dan X2 yaitu 53 3% dan 21 6%. Sumbangan relatif X1 dan X2 yaitu 71 2% dan 28 8%. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) tingkat X1 X2 dan Y mayoritas tinggi (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara X1 dan Y serta X2 dan Y dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara X1 X2 dan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/315487

Actions (login required)

View Item View Item