Hidayat, Ahmad Fajar (2024) Pengembangan e-modul bermuatan project based learning berorientasi higher order thinking skills pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik Kelas xi SMK program keahlian teknik instalasi tenaga listrik / Ahmad Fajar Hidayat</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abad ke-21 adalah era berbasis pengetahuan yang dicirkan kreativitas dan berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan pada hasil observasi awal penelitian yang telah dilakukan di SMK Negeri 1 Blitar saat ini telah mengacu pada Kurikulum Merdeka. Pada kegiatan observasi awal menunjukkan bahwa belum ada bahan ajar yang menunjang keterampilan abad-21. Guru pada pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik menggunakan metode ceramah kemudian memberikan penugasan serta memanfaatkan media berupa power point sebagai media penyampaian materi bahan ajar. Oleh sebab itu dikembangkan E-Modul Bermuatan Project Based Learning Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Dengan mengintegrasikan PjBl dan HOTS dalam modul elektronik pendidikan dapat lebih efektif menghasilkan individu yang siap menghadapi tantangan di dunia kerja. Kesesuain ini juga sejalan dengan arah perkembangan pendidikan global yang semakin menekankan pada penerapan pengetahuan dalam konteks nyata dan pengembangan keterampilan abad ke-21. E-Modul ini dikembangkan menggunakan metode ADDIE dengan tahapan yakni Analysis (Analisis) Design (Desain) Development (Pengembangan) Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data meliputi angket validasi yang diberikan kepada para ahli untuk mengevaluasi kelayakan produk serta angket yang diberikan kepada siswa untuk mengukur tanggapan dan kelayakan produk. Pengujian kelayakan E-modul menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBl) berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik yang telah dikembangkan mendapatkan hasil 90 5% dengan kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Rincian hasil persentase validitas yang didapat yaitu ahli materi mendapatkan kategori sangat valid ahli media mendapatkan kategori sangat valid uji coba kelompok kecil mendapatkan kategori sangat valid dan uji coba kelompok besar mendapatkan kategori sangat valid.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315486 |
Actions (login required)
View Item |