Wardani, Agata Natasa (2023) Hubungan literasi digital dan kemampuan tpack dengan kesiapan sebagai guru kejuruan berketerampilan di era society 5.0 pada mahasiswa S1 pendidikan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Agata Natasa Wardani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wardani Agata Natasa. 2023. Hubungan Literasi Digital dan Kemampuan TPACK dengan Kesiapan sebagai Guru Kejuruan Berketerampilan di Era Society 5.0 pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci Literasi Digital Kemampuan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) dan Kesiapan sebagai Guru Kejuruan Berketerampilan di Era Society 5.0 Era society 5.0 telah membuka paradigma baru terhadap penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Pemanfaatan teknologi informasi yang meningkat dengan signifikan akibat hasil peradaban era society 5.0 menghadirkan tantangan baru bagi guru pada tiap satuan pendidikan. Menghadapi hal ini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tentunya membutuhkan guru yang berketerampilan di era society 5.0. Beberapa aspek yang mempengaruhi kesiapan mahasiswa sebagai calon guru yang berketerampilan di era society 5.0 ini adalah literasi digital dan kemampuan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge). Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan tingkat X1 (2) mendeskripsikan tingkat X2 (3) mendeskripsikan tingkat Y (4) mengungkap signifikansi dan hubungan X1 dengan Y (5) mengungkap signifikansi dan hubungan X2 dengan Y dan (6) mengungkap signifikansi dan hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Penelitian dilakukan menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel penelitian yang digunakan adalah mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elekto Univesitas Negeri Malang angkatan 2019 dan 2020 yang telah menempuh mata kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Teknik purposive sampling digunakan dalam penelitian ini. Variabel X1 X2 dan Y diukur menggunakan instrumen berupa angket. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Tingkat X1 berkategorikan sangat tinggi dengan persentase 89 22% (2) Tingkat X2 dikategorikan sangat tinggi dengan persentase 64 71% (3) Tingkat Y dikategorikan tinggi dengan persentase 57 84% (4) Variabel X1 dan Y memiliki hubungan yang signifikan secara parsial dengan sig. (0 008 lt 0 05) (5) Variabel X2 dan Y memiliki hubungan yang signifikan secara parsial dengan sig. (0 03 lt 0 05) dan (6)Variabel X1 dan X2 dengan Y memiliki hubungan yang signifikan secara simultan dengan sig. (0 00 lt 0 05).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315483 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |