Nizar, Amir Ibrahim (2023) Hubungan pedagogical capability dan kebermaknaan program asistensi mengajar terhadap innovative learning capability calon guru untuk pembelajaran abad 21 pada mahasiswa S1 pendidikan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Amir Ibrahim Nizar</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nizar Amir Ibrahim. 2023. Hubungan Pedagogical Capability dan Kebermaknaan Program Asistensi Mengajar terhadap Innovative Learning Capability Calon Guru untuk Pembelajaran Abad 21 pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi Progam Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wahyu Sakti Gunawan Irianto M.Kom. Kata Kunci pedagogical capability Asistensi Mengajar innovative learning capability Pendidikan di abad 21 menuntut seperangkat pengetahuan yang kompleks dari peserta didik dengan berbagai keterampilan antara lain keterampilan berpikir tingkat lanjut keterampilan dunia kerja dan keterampilan bekerja dengan informasi media dan teknologi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan tenaga pendidik yang mampu merancang sistem pembelajaran yang inovatif. Asistensi Mengajar memiliki peran di dalam mengembangkan serta melatih kemampuan melakukan inovasi secara berkelanjutan dalam menciptakan strategi metode model pembelajaran. Kemampuan pedagogik dan kebermaknaan program Asistensi Mengajar merupakan aspek yang mendukung kemampuan menciptakan pembelajaran yang inovatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan tingkat innovative learning capability (Y) (2) mendeskripsikan pada pedagogical capability (X1) (3) mendeskripsikan tingkat kebermaknaan program Asistensi Mengajar (X2) (4) mengungkap signifikansi hubungan X1 terhadap Y (5) mengungkap signifikansi hubungan X2 terhadap Y (6) mengungkap signifikansi hubungan X1 dan X2 terhadap Y. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional dan bersifat ex post facto. Sampel dalam penelitian ini yaitu 71 mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro UM angkatan 2019 dan 2020 yang telah menempuh program Asistensi Mengajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sebelumnya telah diuji validitas dan reabilitasnya. Tingkat reabilitas variabel X1 X2 dan Y berturut-turut yaitu 0 910 0 755 0 937. Uji analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis parsial dan simultan (model analisis regresi berganda) dengan menggunakan aplikasi SPSS. Pengambilan keputusan dilakukan dengan pedoman taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan gambaran variabel X1 yang dikategorikan sedang dengan persentase 50 70%. Gambaran variabel X2 dikategorikam sedang dengan persentase 43 67%. gambaran variabel Y dikategorikan sedang dengan persentase 39 44%. Kontribusi variabel bebas terhadap innovative learning capability terdiri dari sumbangan relatif pedagogical capability sebesar 65 53% dan kebermaknaan program Asistensi Mengajar sebesar 34 47%. Sumbangan efektif pedagogical capability 54 06% dan untuk kebermaknaan program Asistensi Mengajar sebesar 28 43%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan secara parsial antara X1 terhadap Y X2 terhadap Y serta X1 dan X2 secara simultan terhadap Y.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315482 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |