Peningkatan kompetensi instalasi penerangan listrik dengan metode project based learning terintegrasi assessment as learning untuk siswa SMK Turen /&nbsp;Moh. Naufal Rafi Irfansyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kompetensi instalasi penerangan listrik dengan metode project based learning terintegrasi assessment as learning untuk siswa SMK Turen /&nbsp;Moh. Naufal Rafi Irfansyah</p>

Irfansyah, Moh. Naufal Rafi (2024) Peningkatan kompetensi instalasi penerangan listrik dengan metode project based learning terintegrasi assessment as learning untuk siswa SMK Turen /&nbsp;Moh. Naufal Rafi Irfansyah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas ini disebabkan oleh adanya beberapa faktor kesulitan yang dialami oleh siswa Jurusan Teknik Intalasi Listrik untuk mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Hal tersebut disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan kurang memfasilitasi siswa dalam pemaparan teori maupun praktik di lapangan dan juga kurangnya media pembelajaran yang terbarukan sehingga cukup sulit untuk diterapkan pada pembelajaran saat ini. Tujuan dari penelitian ini didasarkan pada beberapa poin yakni 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi Assessment as Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa 2) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dalam kategori baik dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi Assessment as Learning. Penelitian ini merujuk pada model penelitian dari Kemmis S. Dan Taggart R. dimana didalamnya terdiri dari 4 tahapan yakni Perencanaan Pelaksanaan Tindakan Observasi dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah 25 orang siswa dari kelas XI SMK Turen tahun pelajaran 2022-2023 dengan pengambilan sampel 1 kelas yang terdiri 24 orang anak laik-laki dan 1 orang anak perempuan didalam kelasnya. Teknik pengumpulan data menggunakan diawali dengan Wawancara Observasi Dokumentasi Penilaian Assessment as Learning dan Penilaian Tes Formatif. Hasil penelitian diketahui jika penerapan metode Project Based Learning Terintegrasi Assessment as Learning dapat meningkatkan kompetensi siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan kompetensi siswa dalam setiap siklusnya pada siklus pertama nilai keaktifan siswa senilai 60% pada kriteria sedang dan persentase hasil belajar senilai 64% dengan rata-rata nilai senilai 69 2. Pada siklus kedua nilai keaktifan siswa senilai 80% pada kriteria baik dan persentase hasil belajar senilai 88% dengan rata-rata nilai senilai 86 8. Hasil tersebut telah mencapai kriteria ketuntasan dengan melebihi 75% keseluruhan ketuntasan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/315479

Actions (login required)

View Item View Item