Wibowo, Panji Ageng Wibowo (2024) Hubungan kematangan pengetahuan k3 dan practical skills terhadap employability skills sesuai standar iso 45001 pada siswa smk kompetensi keahlian teknik otomasi industri kabupaten malang / Panji Ageng Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Siswa SMK Teknik Otomasi Industri di Kabupaten Malang membutuhkan employability skills sesuai ISO 45001 untuk bersaing di dunia kerja. Aspek yang mempengaruhi employability skills sesuai ISO 45001 (Y) adalah kematangan pengetahuan K3 (X1) dan practical skills (X2). Tujuan penelitian ini antara lain (1) mendeskripsikan tingkat kematangan pengetahuan K3 (2) mendeskripsikan tingkat practical skills (3) mendeskripsikan tingkat employability skills sesuai ISO 45001 (4) mengungkap signifikansi hubungan parsial antara X1 dan Y (5) mengungkap signifikansi hubungan parsial antara X2 dan Y dan (6) mengungkap signifikansi hubungan simultan antara X1 dan X2 dengan Y. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa SMK Teknik Otomasi Industri di Kabupaten Malang dengan jumlah 119 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan nilai hasil belajar siswa (X2) dan angket tertutup yang sebelumnya telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Reliabilitas Variabel X1 dan Y adalah 0 906 dan 0 953. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis uji prasyarat analisis sumbangan efektif dan reaktif analisis korelasi parsial dan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel X1 cenderung sangat tinggi dengan persentase 80 07%. Variabel X2 cenderung baik dengan persentase 62 2%. Variabel Y cenderung sangat tinggi dengan persentase 59 7%. Hubungan secara parsial antara X1 dan Y serta X2 dan Y memiliki thitung gt ttabel yaitu 3 990 gt 1 657 dan 2 304 gt 1 657. Hubungan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y memiliki Fhitung gt Ftabel yaitu 61 259 gt 3 07. Sumbangan efektif X1 dan X2 adalah 24 46% dan 13 64%. Sumbangan relatif X1 dan X2 adalah 64 19% dan 35 20%. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) tingkat X1 X2 Y cenderung baik tinggi sangat tinggi (2) terdapat hubungan positif dan signifikan secara parsial antara X1 dan Y serta X2 dan Y (3) terdapat hubungan positif dan signifikan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315475 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |