Asmara, Satriya Bayu Asmara (2024) Pengembangan e-modul alat tangan dan alat kerja kelistrikan berbasis problem based learning pada mata pelajaran dasar-dasar teknik ketenagalistrikan untuk kelas x di smk / Satriya Bayu Asmara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tantangan pada dunia pendidikan di era revolusi industri 4.0 tentu lebih kompleks seiring dengan meningkatnya peran dan perkembangan teknologi. Namun pada pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi masih kurang memanfaatkan penggunaan bahan ajar yang terintegrasi dengan teknologi. Pengintegrasian teknologi hanya disajikan guru dalam bentuk power point sehingga membuat siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan bahan ajar yang terintegrasi teknologi dengan model pembelajaran yang berpotensi untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menjadi pilihan yang menarik untuk diterapkan karena membuat siswa lebih aktif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang mengembangkan dan menguji tingkat kelayakan e-modul sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan. Penelitian ini menggunakan metode R amp D menurut Sugiyono yang telah dimodifikasi dengan mengumpulkan data berupa angket untuk mendapatkan data kuantitatif dan data kualitatif. Validasi yang dilakukan meliputi validasi media materi dan konstruksi soal dengan melibatkan beberapa dosen ahli dan guru pengampu mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Uji coba yang dilakukan melibatkan 10 siswa pada uji coba produk dan 29 siswa pada uji coba pemakaian. Hasil validasi ahli media 1 mendapatkan skor sebesar 97 86% dan hasil validasi ahli media 2 mendapatkan skor sebesar 98 57%. Kemudian untuk hasil validasi ahli materi 1 mendapatkan skor sebesar 95 83% dan validasi ahli materi 2 mendapatkan skor sebesar 99 17%. Sedangkan hasil validasi konstruksi soal mendapatkan skor sebesar 88.75%. Pada hasil uji coba produk yang melibatkan 10 siswa mendapatkan skor sebesar 96.13% dan hasil pada uji coba pemakaian yang melibatkan 29 siswa mendapatkan skor sebesar 94.53%. Penelitian ini menghasilkan produk akhir berupa e-modul yang dapat diakses melalui ponsel dengan menggunakan bantuan internet. E-modul tersebut juga dilengkapi dengan berbagai multimedia interaktif dan terintegrasi dengan beberapa platform yang memudahkan siswa dan guru dalam mengerjakan soal dan melakukan penilaian. Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa e-modul alat tangan dan alat kerja kelistrikan yang dikembangkan dapat dikategorikan sangat valid dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |