Alfarizi, Alif (2024) Pengembangan multimedia pembelajaran dalam materi pembangkit listrik tenaga bayu untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas xi sekolah menengah kejuruan / Alif Alfarizi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang besar yaitu273.8 juta jiwa. Jumlah penduduk yang besar ini menjadikan indonesia masuk kedalam urutan ke 4 dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Besarnya jumlah penduduk indonesia akan sejalan dengan jumlah konsumsi energi yang dibutuhkan. Energi listrik merupakan salah satu permasalahan yang serius dihadapi oleh Indonesia kebutuhan energi listrik selalu meningkat setiap tahunnya dengan bertambahnya populasi manusia dan berkembangnya teknologi. Sebagai bentuk upaya untuk bisa mengembangkan pemanfaatan angin sebagai media pembangkit listrik maka diperlukan pengenalan mengenai Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan dan menguji kelayakan perangkat media belajar berbasis multimedia pada materi pembangkit listrik tenaga bayu dan mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dalam proses belajar pembangkit listrik tenaga bayu. Metode penelitian yang digunakan yaitu (Cahyadi 2019) model pengembangan ADDIE memiliki lima tahapan diantaranya Analyze Design Development Implementation dan Evaluation. Data pengembangan multimedia pembelajaran yang digunakan oleh penulis berupa angket atau kuesioner (Arikunto 2011). Implementasi produk pengembangan dilakukan pada 30 siswa kelas 11 jurusan pembangkit listrik SMK PGRI 3 Malang. Hasil data validasi materi yang telah dianalisis diperoleh tingkat validasi sebesar 94%. sehingga kelayakan materi dapat dikategorikan ldquo sangat valid rdquo . Hasil data validasi ahli media yang telah dianalisis diperoleh tingkat validasi sebesar 88%. Sehingga tingkat kelayakan media dapat dikategorikan ldquo sangat valid rdquo . Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata sebesar 85% sehingga masuk kedalam kategori ldquo sangat layak rdquo . Hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata sebesar 83.75% sehingga masuk kedalam kategori ldquo sangat layak rdquo . Hasil tingkat motivasi belajar siswa yaitu sebesar 63.3% dan 13.3% siswa masing-masing memiliki tingkat motivasi sangat tinggi dan tinggi. Sehingga mayoritas peserta didik termotivasi oleh pemakaian multimedia pembelajaran PLTB.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 04:29 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 06:40 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315468 |
Actions (login required)
View Item |