Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia pada materi dasar pengukuran listrik dalam mengetahui tingkat motivasi belajar siswa Kelas 10 SMK / Bruary Dale Pradipta</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia pada materi dasar pengukuran listrik dalam mengetahui tingkat motivasi belajar siswa Kelas 10 SMK / Bruary Dale Pradipta</p>

Pradipta, Bruary Dale (2024) Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia pada materi dasar pengukuran listrik dalam mengetahui tingkat motivasi belajar siswa Kelas 10 SMK / Bruary Dale Pradipta</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi merupakan pendorong suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar tegerak hatinya untuk melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil dan tujuan tertentu. Bahan ajar yang melibatkan berbagai indra dan organ tubuh seperti mata atau visual telinga atau audio tangan atau kinetic dapat membuat informasi atau pesan yang disampaikan mudah dimengerti. Dasar Pengukuran Listrik adalah salah satu materi pada mata pelajaran dasar teknik ketenagalistrikan yang wajib ditempuh oleh siswa sekolah menengah kejuruan. Kompetensi pada mata pelajaran ini merupakan persyaratan bagi siswa untuk memenuhi capaian indikator kompetensi yang telah ditentukan. Bahan ajar berbasis multimedia berpengaruh dengan motivasi peserta didik karena menghasilkan pembelajaran dengan menggunakan berbagai elemen untuk dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dan kemudahan dalam mengakses pelajaran kususnya Dasar Pengukuran Listrik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R amp D). Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan diantaranya adalah Analisis (Analize) Desain (Design) Pengembangan (Development) Pelaksanaan (Implementation) dan Evaliasi (Evaluation). Produk hasil berupa Aplikasi Belajar Alat Ukur Listrik dengan mencakup materi alat ukur dan alat uji kelistrikan yang dapat dioperasikan melalui perangkat android. Bahan ajar berupa Aplikasi Belajar Alat Ukur Listrik dibuat untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik. Bahan Ajar Berbasis Multimedia yang dikembangkan mendapat hasil validasi oleh ahli 1 yang merupakan dosen Teknik Elektro dan Informatika ahli 2 yang merupakan guru SMKN 1 Kota Blitar. Bahan Ajar ini juga telah dilakukan uji coba dalam pembelajaran Dasar Pengukuran Listrik di SMK Negeri 1 Kota Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahan Ajar yang telah dikembangkan sangat valid dengan presentase rata-rata validitas ahli 1 sebesar 91 66% validitas ahli 2 sebesar 97 22% uji coba kelompok kecil sebesar 90 6% dan uji coba kelompok besar sebesar 90 07% dimana hasil yang didapatkan memiliki tingkat dengan ketogori sangat valid atau sangat layak. 3. Perolehan tingkat motivasi siswa terbilang sangat baik karena dari hasil instrument didapat hasil rata-rata skor siswa sebesar 90 04% dimana berada diantara rentang skor 81 25% sampai dengan 100% yang dikatakan sangat baik. Selain dilihat dari tingkat skor penilaian motivasi siswa juga bisa dilihat dengan pengamatan langsung yang didapat hasil siswa memiliki ketertarikan pada bahan ajar. Jika dilihat dari keseluruhan hasil uji coba hasil penilaian motivasi dan pengamatan secara langsung dapat disimpulkan siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/315467

Actions (login required)

View Item View Item