Hubungan critical thinking dan verbal ability terhadap kesiapan sebagai guru kejuruan berketerampilan di era abad 21 pada mahasiswa s1 prodi pendidikan teknik elektro (pte) universitas negeri malang. / Muhammad Koirudin Bakri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan critical thinking dan verbal ability terhadap kesiapan sebagai guru kejuruan berketerampilan di era abad 21 pada mahasiswa s1 prodi pendidikan teknik elektro (pte) universitas negeri malang. / Muhammad Koirudin Bakri

Bakri, Muhammad Koirudin (2024) Hubungan critical thinking dan verbal ability terhadap kesiapan sebagai guru kejuruan berketerampilan di era abad 21 pada mahasiswa s1 prodi pendidikan teknik elektro (pte) universitas negeri malang. / Muhammad Koirudin Bakri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bakri Muhammad Koirudin. 2024. Hubungan Critical Thinking dan Verbal Ability Terhadap Kesiapan Sebagai Guru Kejuruan Berketerampilan di Era Abad 21 pada Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Teknik Elektro (PTE) Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata kunci Critical Thinking Verbal Ability Kesiapan sebagai guru kejuruan berketerampilan di era abad 21 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Deskripsi Critical Thinking (X1) Verbal Ability (X2) Kesiapan sebagai guru kejuruan berketerampilan di era abad 21 (Y) 2) Hubungan yang terjalin antara X1 dan Y 3) Hubungan yang terjalin antara X2 dan Y 4) Memahami hubungan antara X1 dan X2 dan Y bagi mahasiswa Teknik Elektro di Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang secara bersamaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan pendekatan penelitian deskriptif korelasional. Mahasiswa dari program studi pendidikan teknik elektro angkatan 2019 dan 2020 berjumlah 97 mahasiswa menjadi populasi penelitian. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dan setiap populasi digunakan sebagai sampel penelitian untuk mencapai hasil dengan tingkat kesalahan yang rendah. Dalam penelitian ini model regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis hipotesis parsial dan simultan. Tingkat signifikansi variabel X1 dan X2 adalah 24%. Hasil penelitian menunjukkan variabel X1 memiliki kategori tinggi dengan persentase 85% variabel X2 memiliki kategori tinggi dengan persentase 89% sedangkan variabel Y memiliki kategori sangat tinggi dengan persentase 78%. Sumbangan relatif variabel independen critical thinking terhadap kesiapan sebagai guru kejuruan berketerampilan abad 21 sebesar 62 2% dan untuk verbal ability sebesar 37 8%. Sedangkan sumbangan efektif critical thinking 14 8% dan verbal ability 9 1%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa X1 terhadap Y X2 terhadap Y dan X1 dan X2 terhadap Y secara bersamaan memiliki hubungan yang signifikan dan positif secara parsial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:29
Last Modified: 01 Oct 2024 01:07
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/315465

Actions (login required)

View Item View Item