Pengaruh pembelajaran teaching factory terhadap employability skills skills siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik di smk negeri 1 sidoarjo / Shofyan Shafaruddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran teaching factory terhadap employability skills skills siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik di smk negeri 1 sidoarjo / Shofyan Shafaruddin

Shafaruddin, Shofyan Shafaruddin (2023) Pengaruh pembelajaran teaching factory terhadap employability skills skills siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik di smk negeri 1 sidoarjo / Shofyan Shafaruddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingkat pengangguran tertinggi ditempati oleh lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. Hal ini dikarenakan rendahnya employability skills yang dimiliki oleh siswa SMK. Employability skills (Y) dapat dipengaruhi oleh pembelajaran teaching factory (X). Tujuan penelitian ini meliputi (1) mendeskripsikan variabel teaching factory Siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Sidoarjo (2) mendeskripsikan variabel employability skills Siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Sidoarjo dan (3) Mengungkap pengaruh pelaksanaan pembelajaran teaching factory terhadap employability skills Siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh berjumlah 69 dengan siswa dengan status telah mengikuti pembelajaran teaching factory. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan angket terbuka yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Reliabilitas variabel X 0 798 dan variabel Y 0 929. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi linier sederhana uji prasyarat dan analisis sumbangan efektif dan relatif dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel X mayoritas persentase berada dalam kategori tinggi (33 3%) dan sangat tinggi (62 3%). Variabel Y cenderung sangat tinggi dengan persentase 68 1%. Hubungan secara parsial antara variabel X dan Y memiliki thitung gt ttabel yaitu 7 562 gt 1 667. Sumbangan efektif variabel X adalah 46 0%. Sumbangan relatif variabel X adalah 100%. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) tingkat pembelajaran teaching factory pada siswa jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Sidoarjo tergolong kategori sangat tinggi (2) Tingkat employability skills siswa jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Sidoarjo tergolong kategori sangat tinggi (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel teaching factory terhadap employability skills pada siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Sidoarjo sebesar 46%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/315460

Actions (login required)

View Item View Item