Pengembangan bahan ajar interaktif mata pelajaran dasar elektronika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x smk negeri 1 bagor nganjuk / Aditya Habib Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar interaktif mata pelajaran dasar elektronika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x smk negeri 1 bagor nganjuk / Aditya Habib Ramadhan

Ramadhan, Aditya Habib Ramadhan (2023) Pengembangan bahan ajar interaktif mata pelajaran dasar elektronika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x smk negeri 1 bagor nganjuk / Aditya Habib Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Meningkatnya Arus modernisasi dan teknologi maka kualitas sumber daya manusianya juga harus ditingkatkan agar berdampak positif terhadap peningkatan program pembelajaran yang pada giliranya akan berdampak pula terhadap peningkatan keluaran pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi juga menjadi perhatian utama dalam perbaikan proses pembelajaran di indonesia. Latar belakang diadakan penelitian di SMK Negeri 1 Bagor Nganjuk pada kelas X program keahlian Elektronika adalah metode pembelajaran yang digunakan guru cenderung monoton bahan ajar yang ada masih kurang variatif meskipun sudah ada bahan ajar digital berupa PDF book namun belum ada interaksi bahan ajar dengan siswa secara mandiri. Kurang menariknya Bahan ajar yang ada menjadikan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi. Kualitas proses pembelajaran akan bepengaruh tehadap hasil belajar peserta didik salah satu faktor yang dapat mendukung kualitas hasil belajar peserta didik adalah ketersediaan Bahan Ajar yang dapat menarik minat peserta didik dalam belajar. Berdasarkan uraian latar belakang yang sudah ditulis sebelumnya dapat diidentifikasikan di penelitian pengembangan ini ada beberapa tujuan yang hendak dicapai yaitu (1) Merancang bahan ajar (2) Mengembangkan bahan ajar (3) Menguji kelayakan bahan ajar dan (4) Mengetahui efisiensi bahan ajar. Metode pada penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau biasa dikenal dengan Research and Devolepment (R amp D). Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE. Model ADDIE merupakan singkatan dari analisis kebutuhan (Analysis) Desain (Design) Pengebangan (Development) Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Uji coba produk dilakukan pada siswa kelas X dan XI departemen elektronika di SMKN 1 Bagor Nganjuk. Implementasi dilakukan guna menilai keefektifan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar. Proses pengambilan data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan analisis pretest dan posttest dimana pretest dan posttest berupa 20 butir soal yang akan diujikan ke siswa sesuai dengan kisi-kisi capaian pebelajaran. pretest dijadikan parameter nilai awal siswa dan posttest diadikan parameter nilai akhir siswa atau parameter peningkatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan presentase nilai validitas untuk ahli media 93 48% dan ahli materi sebesar 85%. Kemudian untuk presentase nilai uji coba kelompok kecil sebesar 92 07% dan uji coba kelompok besar sebesar 92 23%. Berdasarkan nilai presentase tersebut uji validitas mendapatkan kategori sangat valid untuk ahli media dan valid untuk ahli materi. Sedangkan uji coba produk di kelompok kecil dan besar mendapatkan kategori sangat valid. Sedangkan untuk hasil perhitungan uji peningkatan Hasil Belajar diperoleh hasil nilai yaitu 0 57 dengan keterangan sedang. Persentase gain mendapatkan hasil 57% dengan tafsiran cukup efektif Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bahan ajar inteaktif berbasis website memiliki beberapa fitur diantaranya (1) landing page Ketika pengguna menggetikkan alamat website maka akan langsung menuju halaman ini. (2) Halaman tentang pada halaman tentang didalamnya berisi penjelasan singkat mengenai bahan ajar website yang dikembangkan. (3) Halaman petunjuk Pada halaman petunjuk berisikan mengenai petunjuk penggunaan bahan ajar website yang diembangkan jadi siswa tidak kebingungan menggunakan bahan ajar website karena sudah ada petunjuk penggunaan. (4) Halaman layanan Pada halaman layanan didalamnya berisikan mengenai layanan apa saja yang dapat di akses pada bahan ajar yang dikembangkan didalam halaman layanan terdapat menu CP-ATP peta materi materi video pembelajaran dan latian soal. (5) Halaman tim pengembang pada halaman tim pengembang didalamnya ada informasi mengenai data diri peneliti dan dosen pembimbing. Lebih lengkap terkait hasil pengembangan bahan ajar interaktif berbasis website dapat diakses pada tautan berikut https //bit.ly/BahanAjar-KomponenElektronika. Sehingga kesimpulan dari penelitian skripsi ini adalah 1. Pengembangan dan perancangan penelitian ini menggunakan model ADDIE. 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif yang dikembangkan mendapatkan kriteria sangat valid dan sangat layak. 3. Produk dikatakan efektif diketahui dari hasil pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/315452

Actions (login required)

View Item View Item