Pengaruah dimensi kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada Dinda salon & spa Malang) / Imas Kusumadewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruah dimensi kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada Dinda salon & spa Malang) / Imas Kusumadewi

Kusumadewi, Imas (2014) Pengaruah dimensi kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada Dinda salon & spa Malang) / Imas Kusumadewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kusumadewi Imas. 2013. Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Dinda Salon Spa Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Sutrisno M.M (2) Afwan Hariri Agus Prohimi S.E. M.Si. Kata Kunci Kualitas Layanan Loyalitas Pelanggan Perkembangan dalam dunia bisnis yang mengalami kemajuan cukup pesat saat ini ditandai dengan banyaknya usaha yang tumbuh dan berkembang diberbagai bidang terlebih pada bidang jasa. Pemasar pun dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan kualitas layanan yang baik guna mempertahankan loyalitas pelanggan. Dinda Salon Spa Malang merupakan salah satu usaha yang bergerak pada bidang jasa dan harus mampu berkompetisi dengan usaha lain yang sejenis untuk menumbuh kembangkan usahanya melalui kualitas layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan baik secara parsial maupun simultan yang terdiri dari Kualitas Interaksi (X1) Kualitas Lingkungan Fisik (X2) dan Kualitas Hasil (X3) serta untuk mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi loylitas pelanggan. Populasi penelitian ini adalah pelanggan dari Dinda Salon Spa Malang. Teknik sampling menggunakan teknik accidental sampling dan penentuan jumlah sampel memakai rumus Slovin sehingga didapatkan sampel sejumlah 226 responden. Sedangkan teknis analisis data menggunakan teknis analisis regresi linear berganda. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas Interaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (2) Kualitas Lingkungan Fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (3) Kualitas Hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan dimensi kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan (5) Variabel dimensi kualitas layanan yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap loyalitas pelanggan adalah kualitas hasil. Berdasarkan kesimpulan penelitian penulis menyarankan (1) Bagi Dinda Salon Spa Malang sebaiknya senantiasa menjaga dan memperbaiki kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan agar tetap memuaskan pelanggan (2) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya memperluas variabel kualitas layanan sehingga dapat menjadikan beberapa temuan baru yang berkontribusi pada ilmu manajemen khususnya manajemen pemasaran. Untuk kalangan akademisi lainnya yang ingin melanjutkan penelitian ini diharapkan dapat menyempurnakannya dengan menggunakan variabel lain yang dapat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31545

Actions (login required)

View Item View Item