Perberdaan hasil belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring dan luring siswa kelas x teknik instalasi tenaga listrik smk al arif gempol / Indrian Restu Juniar Nurfaizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perberdaan hasil belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring dan luring siswa kelas x teknik instalasi tenaga listrik smk al arif gempol / Indrian Restu Juniar Nurfaizah

Nurfaizah, Indrian Restu Juniar Nurfaizah (2023) Perberdaan hasil belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring dan luring siswa kelas x teknik instalasi tenaga listrik smk al arif gempol / Indrian Restu Juniar Nurfaizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih jauh dari yang diharapkan. Rendahnya hasil belajar dan pencapaian hasil belajar dasar listrik dan elektronika peserta didik khususnya kelas X di SMK Al-Arif Gempol. Salah satunya disebabkan oleh penerapan pembelajaran yang kurang tepat pada masa pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara pencapaian hasil belajar dasar listrik dan elektronika peserta didik yang menggunakan pembelajaran daring dengan pembelajaran luring di SMK Al-Arif Gempol dan pembelajaran manakah yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasy Experimental Design. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen berbentuk tes. Tes yang dilakukan adalah bentuk tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda (Multiple choich item). Kelas X TITL 1 diterapkan metode pembelajaran daring dan kelas X TITL 2 diterapkan metode pembelajaran luring. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) hasil belajar ketika diterapkan metode pembelajaran daring meningkat sebesar 16 17 (2) hasil belajar ketika diterapkan metode pembelajaran luring meningkat sebesar 22 84 (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa karena nilai sig. (2-tailed) 0 004 atau alpha lt 0 05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) terdapat peningkatan hasil belajar ketika diterapkan metode pembelajaran daring (2) terdapat peningkatan hasil belajar ketika diterapkan metode pembelajaran luring (3) terdapat perbedaan hasil belajar antara penerapan metode pembelajaran daring dan luring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/315442

Actions (login required)

View Item View Item