Ilmi, Miftah Bahrul (2023) Perbandingan model pembelajaran savi dan air menggunakan pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil belajar pada teknik dasar listrik dan elektronika siswa Kelas x elektronika industri SMK Negeri 8 Malang / Miftah Bahrul Ilmi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Model pembelajaran yang baik merupakan model pembelajaran yang dapat memberi kontribusi dalam mempermudah siswa untuk memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran di SMK Negeri 8 Malang pada mata pelajaran Teknik Dasar Listrik dan Elektronika diketahui bahwa pembelajaran yang diterapkan tidak dilaksanakan secara tepat sesuai dengan langkah-langkahnya. Pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih menggunakan metode konvensional. Media pembelajaran jarang menggunakan media pembelajaran menggunakan PPT (Power Point). Media pembelajaran yang digunakan yaitu papan tulis dan teori masih berpusat pada guru sehingga siswa merasa bosan dan jenuh. Dengan menggunakan Model pembelajaran SAVI yang menuntut siswa untuk aktif belajar di dalam kelas dengan cara berkelompok dan saling bertukar pikiran melalui diskusi kelompok dibandingkan model pembelajaran AIR yang mampu membuat siswa untuk fokus dalam belajar serta aktif dalam pembelajaran dan pada akhir pembelajaran guru melakukan pengulangan materi pembelajaran supaya siswa lebih memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen quasi experimental design dan menggunakan tipe pretest-posttest non-equivalent control group design. Pada kelas eksperimen A dan kelas eksperimen B diawali dengan menerjakan test (pretest) setelah itu diberi perlakuan dan diakhiri dengan tes akhir (postest). Sampel pada penelitian ini menggunakan kelompok kelas eksperimen A yang menggunakan model pembelajaran SAVI dan kelompok kelas eksperimen B yang menggunakan model pembelajaran AIR. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif untuk menganalisis data kemampuan awal siswa (pretest) dan hasil belajar (postest) siswa yang terdiri dari uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan dua rata-rata dan uji hipotesis. Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran AIR menggunakan pendekatan saintifik lebih baik disbanding dengan model pembelajaran SAVI menggunakan pendekatan saintifik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315400 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |