Partisipasi komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) se Kabupaten Blitar / Faridatus Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Partisipasi komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) se Kabupaten Blitar / Faridatus Sholihah

Sholihah, Faridatus (2008) Partisipasi komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) se Kabupaten Blitar / Faridatus Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faridatus S. 2008. Partisipasi Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA se-Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sultoni M. Pd. Pembimbing (II) Dr. Bambang Budi Wiyono M. Pd. Kata kunci partisipasi komite sekolah peningkatan mutu pendidikan Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan watak serta peradaban yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mencapai fungsi dan tujuan tersebut diperlukan suatu sistem pendidikan yang komprehensip yang mengikut sertakan secara aktif peserta didik masyarakat sekolah dan masyarakat umum. Hal ini mengingat perencanaan pendidikan dan kegiatan pendidikan pada umumnya tidak bisa terlepaskan dari masyarakat terutama masyarakat disekitarnya. Sebab ada hubungan saling memberi saling mendukung dan saling menggantungkan antara lembaga pendidikan dan masyarakat. Itu pula sebaliknya mengapa masyarakat diharapkan ikut bertanggung jawab terhadap kemajuan dan kelancaran proses pendidikan dalam lembaga dan lembaga pendidikan diharapkan bekerja sama dengan masyarakat. Seiring dengan perkembangan dan tujuan masyarakat terhadap mutu pendidikan dan hasil pendidikan serta dalam rangka mencapai tujuan pendidikan melalui upaya peningkatan mutu pemerataan dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan maka diperlukan adanya partisipasi masyarakat yang lebih luas dari pada sekedar wali murid saja yaitu melalui wadah komite sekolah yang mempunyai fungsi dan peran sebagai pemberi pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaankebijakan pendidikan sebagai pendukung penyelenggaraan pendidikan baik moril maupun materiil sebagai pengontrol trasparansi dan akuntabilitas satuan pendidikan serta sebagai mediator antara pemerintah dan masyarakat satuan pendidikan. Salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan adalah kurangnya partisipasi orang tua siswa dan masyarakat terhadap penyelenggaraan peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Keberadaan komite sekolah diharapkan dapat membantu peningkatan mutu pendidikan disetiap jenjang pendidikan baik mulai pendidikan dasar sampai pendidikan menengah. Namun kenyataan keberadaan organisasi tersebut belum efektif untuk membantu peningkatan mutu pendidikan karena komite sekolah lebih cenderung diarahkan sebagai lembaga penggalang dukungan finansial saja dan belum sampai menyeluruh kedalam proses manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah serta belum sampai dengan peran dan fungsinya dalam membantu peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMA se-Kabupaten Blitar bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat partisipasi komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan dan membandingkan partisipasi komite sekolah negeri dan komite sekolah swasta dalam peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kabupaten Blitar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan komparatif atau uji perbandingan/perbedaan metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi komite sekolah negeri yang menjadi sampel dalam penelitian dalam kategori sedang pada bukti rata-rata 71 22% sama halnya partisipasi komite sekolah swasta juga dalam kategori sedang bukti rata-rata 97 75%. Data variabel partisipasi komite sekolah negeri dan komite sekolah swasta variansnya homogen. Koefisien Leven 3 353 pada taraf signifikansi 0.05 ternyata hasilnya 0.061 Fhitung sebesar 3 353 pada taraf kepercayaan 95% signifikannya 0 05 0 61 sehingga dapat disimpulkan menerima hipotesis yang menyatakan ada perbedaan partisipasi komite sekolah negeri dan komite sekolah swasta dalam peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kabupaten Blitar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan partisipasi komite sekolah negeri dan komite sekolah swasta dalam peningkatan mutu pendidikan di SMA se-Kabupaten Blitar. Hal ini bisa disebabkan belum terealisasi peran fungsi dan tugas komite sekolah selain itu komite sekolah perlu mensosialisasikan perubahan konsepsional Badan Pembantu Penyelenggaraan Pendidikan (BP3) menjadi komite sekolah. Tentunya dibarengi dengan program sebagai tindakan nyata dari keberadaan komite sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dikemukakan sebagai beriukut (1) bagi kepala sekolah diharapkan memberi peluang kepada komite sekolah untuk menjalankan perannya dalam penyelenggaraan peningkatan mutu pendidikan di sekolah (2) bagi komite sekolah diharapkan dapat mengembangkan peran yang dimilikinya dalam penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas (3) bagi peneliti lain diharapkan dengan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan topik ini terbuka peluang mengembangkan dan mengkaji lebih mendalam tentang peran komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3154

Actions (login required)

View Item View Item