Pengembangan bahan ajar digital interaktif materi instalasi pemasangan lampu untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas x di mapel pekerjaan dasar elektromekanik smkn 6 malang / Ericco Dzaki Nurcahyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar digital interaktif materi instalasi pemasangan lampu untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas x di mapel pekerjaan dasar elektromekanik smkn 6 malang / Ericco Dzaki Nurcahyo

Nurcahyo, Ericco Dzaki Nurcahyo (2023) Pengembangan bahan ajar digital interaktif materi instalasi pemasangan lampu untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas x di mapel pekerjaan dasar elektromekanik smkn 6 malang / Ericco Dzaki Nurcahyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan ajar adalah salah satu bagian terpenting dalam pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Melalui penggunaan bahan ajar juga guru akan lebih mudah untuk melakukan pembelajaran sehingga siswa terbantu dan mudah dalam pelaksanaan kegiatan belajar. di era digitalisasi ini penggunaan bahan ajar terus berkembang dengan pesat karena telah tersedianya teknologi secara digital sebagai bentuk salah satu media perantara untuk siswa dalam belajar. Dalam pelaksanaannya sendiri kebanyakan siswa berinteraksi dengan smartphone masing-masing. mengenai hal tersebut pengembang terdorong untuk membuat bahan ajar digital interaktif berbasis mobile dengan bentuk aplikasi pembelajaran terkait instalasi pemasangan lampu. instalasi pemasangan lampu merupakan salah satu materi yang dipelajari oleh siswa kelas X pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik di SMKN 6 Malang. Produk dirancang dan dikembangkan menggunakan model penelitian dan pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 tahapan diantaranya (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) produksi massal. Hasil dari pengembangan berupa bahan ajar digital interaktif berbentuk aplikasi Edukasi Belajar Lampu yang dapat dijalankan pada smartphone android. Bahan ajar digital interaktif ini dibuat untuk membantu siswa dalam memahami materi terkait instalasi pemasangan lampu dan mengetahui tingkat motivasi belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Edukasi Belajar Lampu yang telah dikembangkan tersebut memperoleh hasil validasi kelayakan sebesar 100% untuk ahli materi dosen dan 98 5% untuk ahli materi guru. Sedangkan untuk hasil validasi media dari ahli media dosen dan ahli media guru memperoleh nilai persentase sebesar 97 92% dan 98%. Sehingga dikategorikan sangat valid dan dapat digunakan pada pembelajaran. Kemudian untuk hasil uji coba kelompok kecil dan besar juga mendapatkan hasil kategori sangat valid dengan rata-rata nilai persentase sebesar 95 485% dan 95%. Selain itu dengan menggunakan aplikasi Edukasi Belajar Lampu pada kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal itu dapat dilihat dalam pengukuran motivasi belajar siswa yang menunjukkan sebagian besar memiliki kategori tinggi dengan persentase 64%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/315383

Actions (login required)

View Item View Item