Motif, persepsi, pembelajaran dan sikap konsumen dalam transaksi online di forum jual beli situs www.kaskus.co.id / Rukhi Efendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Motif, persepsi, pembelajaran dan sikap konsumen dalam transaksi online di forum jual beli situs www.kaskus.co.id / Rukhi Efendi

Efendi, Rukhi (2014) Motif, persepsi, pembelajaran dan sikap konsumen dalam transaksi online di forum jual beli situs www.kaskus.co.id / Rukhi Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Efendi Rukhi. 2011.Motif Persepsi Pembelajaran dan Sikap Konsumen dalam Transaksi Online Di Forum Jual Beli Situs www.kaskus.co.id. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Gatot Isnani M.Si. (II)Afwan Hariri Agus Prohimi S.E M.Si. Kata kunci Motif Persepsi Pembelajaran Sikap Forum Jual Beli Perkembangan teknologi informasi khususnya di dunia maya (internet) menjadikan transaksi jual beli secara online semakin berkembang. Hal ini mendorong terbentuknya forum komunitas internet yang menyediakan wadah bagi para penjual untuk memperluas tempat jualan. Salah satunya ialah www.kaskus.co.id. Kelebihan internet memberikan keuntungan bagi para penjual untuk memasarkan produknya. Namun sifat anonimitas menjadi kelemahan terbesar dalam penjualan secara online. Penjualan melalui online transaction terkenal rentan terhadap kasus penipuan. Begitu pun dalam forum jual beli yang terdapat dalam Kaskus. Namun hal ini tidak membuat FJB Kaskus menjadi sepi. Sebaliknya forum ini malah semakin ramai. Fokus penelitian ini untuk mengetahui (1) motif konsumen dalam memilih untuk mempergunakan media internet dalam bertransaksi. Termasuk referensi produk yang digunakan oleh konsumen sebelum melakukan pembelian online dan alasan konsumen memutuskan untuk memilih Forum Jual Beli Kaskus sebagai media belanja online (2) persepsi dan sikap konsumen atas kegiatan pembelian online yang dilakukan dalam Forum Jual Beli Kaskus (3) pembelajaran dalam berbelanja secara online. Termasuk di dalamnya berupa keuntungan dan kerugian serta kelebihan dan kelemahan dalam bertransaksi secara online dibandingkan dengan pembelian secara konvensional dalam sudut pandang konsumen yang sekaligus pengguna Forum Jual Beli Kaskus Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data tahap identifikasi dan klasifikasi data dan tahap evaluasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut (1) Motif terbentuk berdasarkan dua faktor yaitu faktor satisfier dan faktor dissatisfier. Faktor satisfier meliputi ketersediaan berbagai jenis barang dan didukung oleh fasilitas keamanan dan kemudahan yang ditawarkan membuat buyer nyaman untuk melakukan transaksi. Faktor dissatisfier yang berupa kasus penipuan atau barang yang tidak cocok dengan deskripsi yag ada keberadaannya tidak mengurangi motivasi buyer untuk melakukan transaksi dalam Forum Jual Beli Kaskus (2) Persepsi buyer bergantung pada motif buyer yang didukung dengan informasi yang diterima. Hal yang mendasari perbedaan motif yaitu cara buyer tersebut dalam menginterpretasikan motif dan informasi yang diterima. Buyer dapat menggunakan pengalaman kaskuser lain yang telah melakukan transaksi terlebih dahulu. Hal ini akan memberikan pembelajaran pada buyer tersebut. Dengan melakukan pembelian buyer juga akan mendapatkan pembelajaran untuk dapat mengetahui cara melakukan transaksi yang aman melalui pengalaman yang dialaminya (3) Proses pembelajaran akan membuat sikap buyer terbentuk baik sikap positif maupun negatif bergantung pada pengalaman yang dialami buyer. Hal ini akan membuat buyer memiliki cara tersendiri dalam menghindari kasus penipuan yang ada. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti dapat menyarankan sebagai berikut (1)Agar buyer lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi online di FJB Kaskus dan dalam melakukan pembelian buyer harus mencari info sedetail-detailnya. Info dapat berupa barang penjual dan fasilitas-fasilitas yang bisa digunakan untuk mendukung keamanan dalam melakukan transaksi di FJB Kaskus. Selain itu buyer harus membiasakan untuk membaca isi thread dengan sejelas-jelasnya dan menanyakan hal-hal yang tidak jelas atau kurang diketahui kepada seller. Agar dapat menghindari kekecewaan buyer jika barang yang datang tidak sesuai dengan yang diharapkan buyer yang mana hal itu dapat berujung kepada pemikiran negatif tentang seller (2) Seller harus mendeskripsikan tentang barang yang dijualnya secara mendetail agar buyer tidak bingung terhadap barang yang dijual. Selain itu seller harus bersikap ramah terhadap buyer dan bersedia menjawab pertanyaan buyer dengan sesegera mungkin dengan jawaban yang sejelas-jelasnya. Seller juga harus meng-update di dalam thread jika barang yang dijual sudah terjual (3) Peneliti selanjutnya yang akan membahas hal yang sama yaitu motif persepsi pembelajaran dan sikap konsumen dalam transaksi online di forum jual beli situs www.kaskus.co.id hendaknya membahas tentang peran Rekber dalam transaksi di FJB Kaskus dan proses personal branding Rekber pada saat pertama membuka jasa tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31521

Actions (login required)

View Item View Item