Pengaruh layout toko terhadap keputusan pembelian pelanggan hypermarrt, Malang Town Square (Matos) / Dzulfikar Zaki Fuad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh layout toko terhadap keputusan pembelian pelanggan hypermarrt, Malang Town Square (Matos) / Dzulfikar Zaki Fuad

Fuad, Dzulfikar Zaki (2014) Pengaruh layout toko terhadap keputusan pembelian pelanggan hypermarrt, Malang Town Square (Matos) / Dzulfikar Zaki Fuad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fuad Dzulfikar Zaki. 2011. Pengaruh Layout Toko terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Hypermart Malang Town Square . Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sopiah M.Pd M.M (II) Drs. Agus Hermawan M.Si Grad Dip MGT. M.Bus Kata kunci Layout Toko Keputusan Pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi layout toko dan keputusan pembelian pelanggan di Hypermart Malang Town Square (Matos) serta pengaruh layout toko terhadap keputusan pembelian pelanggan Hypermart Malang Town Square (Matos). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah layout toko (X) sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian pelanggan (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh pengunjung Hypermart Malang Town Square. Karena jumlah riil seluruh populasi sulit untuk dihitung maka menggunakan Infinite Population dan teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling dihitung dangan rumus Daniel Terrel diperoleh jumlah sampel sebanyak 87 responden. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen kuesioner. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 (lima) pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Sedangkan untuk menguji kelayakan regresi dilakukan uji asumsi klasik dan keseluruhan analisis ini menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini adalah layout toko di Hypermart Malang Town Square memberikan keleluasan dan kemudahan pelanggan untuk melihat dan mencari barang yang dibutuhkan. Layout toko di Hypermart Malang Town Square menggiring pelanggan untuk mengitari toko dan merangsang untuk melakukan pembelian impulsif. Pelanggan di Hypermart Malang Town Square begitu antusias untuk melakukan pembelian di gerai ini karena banyak pilihan produk yang disediakan betah berlama-lama keliling di dalam toko dan tak segan untuk berbelanja dalan jumlah besar. Layout toko memberikan peranan penting dan berdampak besar dalam mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian di Hypermart Malang Town Square. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil analisis regresi didapatkan nilai Fhitung 10 875 Ftabel 2 249 atau Signifikansi t 0 000 0 05. Dengan demikian variabel layout toko berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan. Selain itu diketahui R Square 0 537 yang artinya korelasi atau hubungan antara variabel adalah kuat. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Layout toko di Hypermart Malang Town Square memberikan keleluasan dan kemudahan pelanggan untuk melihat dan mencari barang yang dibutuhkan. Layout toko di Hypermart Malang Town Square menggiring pelanggan untuk mengitari toko dan merangsang untuk melakukan pembelian impulsif. Pelanggan di Hypermart Malang Town Square begitu antusias untuk melakukan pembelian di gerai ini karena banyak pilihan produk yang disediakan betah berlama-lama keliling di dalam toko dan tak segan untuk berbelanja dalan jumlah besar. Layout toko memberikan peranan penting dan berdampak besar dalam mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian di Hypermart Malang Town Square. Berdasarkan hasil tersebut saran untuk Manajemen Hypermart Matos yaitu Manajemen konsisten untuk menerapkan kebijakan yang berorientasi pada kenyamanan pelanggan dalam berbelanja. Penataan layout toko memberikan ruang yang cukup untuk memudahkan pelanggan mencari barang barang mudah terlihat dan menarik pelanggan untuk mengitari seluruh area toko yang berdampak pada pembelian tidak terencana serta kemungkinan terjadi pembelian dalam jumlah besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31512

Actions (login required)

View Item View Item