Pengembangan e-modul interaktif dengan pendekatan discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar informatika bagi siswa smk / Neno Fani Safrida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul interaktif dengan pendekatan discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar informatika bagi siswa smk / Neno Fani Safrida

Safrida, Neno Fani Safrida (2024) Pengembangan e-modul interaktif dengan pendekatan discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar informatika bagi siswa smk / Neno Fani Safrida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran adalah faktor penting yang mampu menentukan suksesnya kegiatan pembelajaran di sekolah. Namun pada implementasinya masih banyak media pembelajaran yang dinilai siswa kurang menarik dan sulit dipahami terutama untuk mata pelajaran informatika. Berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap siswa yang telah menempuh mata pelajaran Informatika di SMKN 5 Malang SMKN 2 Singosari dan SMKN 1 Purwosari dapat disimpulkan bahwa (1) siswa merasa kesulitan dalam memahami materi karena media dan bahan ajar yang diberikan kurang menarik dan tidak memotivasi (2) minimnya ketersediaan modul ajar untuk mendukung proses pembelajaran informatika secara mandiri dan (3) minat belajar siswa rendah jika menggunakan media seperti buku cetak dan PowerPoint dengan metode pembelajaran ceramah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar berupa e-modul interaktif dengan pendekatan discovery lear shy shy ning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan e-modul interaktif dengan pendekatan discovery learning berbasis flipbook pada mata pelajaran informatika serta mengetahui motivasi belajar siswa sesudah menggunakan produk. E-modul interaktif ini dapat dengan mudah diakses secara online menggunakan smartphone laptop maupun komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R amp D) menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck dengan 3 tahapan yakni analisis kebutuhan desain dan pengembangan dan implementasi. Validasi produk dilakukan oleh validator ahli media dan ahli materi. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMKN 2 Malang program keahlian TKJ kelas XI yang telah menempuh mata pelajaran Informatika. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket validasi dan penyebaran kuesioner dengan instrumen kelayakan produk dan motivasi belajar. Hasil penilaian dari uji coba yang dilakukan memperoleh hasil sebagai berikut (1) ahli media memperoleh persentase sebesar 91% (2) ahli materi memperoleh persentase sebesar 98 4% (3) uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 93 44% (4) uji kelompok besar memperoleh sebesar 88 58%. Motivasi belajar siswa sesudah menggunakan produk didapatkan persentase sebesar 87 21% atau sangat tinggi. Dengan demikian produk e-modul interaktif dengan pendekatan discovery learning dianggap mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan sangat layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/315118

Actions (login required)

View Item View Item