Model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (tps) menggunakan aplikasi simulator cisco packet tracer untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar tjkt kelas x tjkt smkn 5 malang / Razita Irdina Febria Ningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (tps) menggunakan aplikasi simulator cisco packet tracer untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar tjkt kelas x tjkt smkn 5 malang / Razita Irdina Febria Ningtyas

Ningtyas, Razita Irdina Febria Ningtyas (2024) Model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (tps) menggunakan aplikasi simulator cisco packet tracer untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar tjkt kelas x tjkt smkn 5 malang / Razita Irdina Febria Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap siswa yang menempuh mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (DDTJKT) di SMKN 5 Malang dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran yang digunakan adalah model Teacher Center Learning (TCL) yang menjadikan guru pusat perhatian (2) aktivitas belajar siswa rendah jika menggunakan media konvensional (3) siswa lebih menyukai belajar dengan menggunakan smartphone (4) kurangnya kerjasama antar siswa (5) tidak semua siswa mempunyai laptop sehingga menjadi hambatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan model Teacher Center Learning (TCL) dan model Think-Pair-Share (TPS) menggunakan aplikasi Simulator Cisco Packet Tracer terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran DDTJKT kelas X TJKT di SMKN 5 Malang perbedaan penerapan model TCL dan model TPS menggunakan aplikasi Simulator Cisco Packet Tracer terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TJKT kelas X di SMKN 5 Malang dan efektifitas model TCL dan model TPS menggunakan aplikasi simulator Cisco Packet Tracer terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran DDTJKT kelas X TJKT di SMKN 5 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan tipe pretest posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata aktivitas belajar dan hasil belajar siswa lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 114 81 gt 104 44 dan 94 53 gt 87 00. Perbedaan hasil yang signifikan pada penerapan model pembelajaran TPS dan model pembelajaran TCL dengan nilai Sig(p) 0 000 lt 0 05 dan 0 000 lt 0 05 sehingga H0 ditolak Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara penerapan TPS dan model pembelajaran TCL pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Terdapat peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS menggunakan aplikasi simulasi Cisco Packet Tracer pada mata pelajaran Dasar-dasar TJKT Kelas X. Pembelajaran model TPS menjadi model pembelajaran yang efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran DDTJKT. Efektivitas pembelajaran TPS dikarenakan proses pembelajaran yang menekankan kepada terciptanya pola variasi diskusi kelas yang baru dan setiap siswa dapat dengan belajar mandiri untuk berfikir dan memecahkan masalah dengan siswa lain saling bekerja sama dan bebas mengeluarkan pendapat. Proses pembelajaran yang bersifat student center membuat siswa menjadi lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/315103

Actions (login required)

View Item View Item