Peran kepimpinan kepala sekolah dalam mengelola sumber-sumber belajar studi kasus di Tarbiyatul Athfal (TA) alam Ar-Romah Dau Malang / Rian Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran kepimpinan kepala sekolah dalam mengelola sumber-sumber belajar studi kasus di Tarbiyatul Athfal (TA) alam Ar-Romah Dau Malang / Rian Fauzi

Fauzi, Rian (2009) Peran kepimpinan kepala sekolah dalam mengelola sumber-sumber belajar studi kasus di Tarbiyatul Athfal (TA) alam Ar-Romah Dau Malang / Rian Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah mempunyai peran dan pengaruh yang cukup besar di dalam kehidupan sekolah walaupun kepala sekolah bukan merupakan seorang pemimpin yang memiliki kekuasaan mutlak dalam lingkungan sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola sumber-sumber belajar yang secara langsung dengan meningkatkan kinerja para guru dan staf agar sekolah tersebut dapat selalu berinovasi dalam pendayagunaan sumber-sumber belajar yang efektif dan menyenangkan bagi siswa guna mewujudkan tujuan pembelajaran di sekolah. Hal itu tidak terlepas dari model sumber-sumber belajar peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola sumber-sumber belajar faktor pendukung dan pemberdayaannya serta faktor penghambat dan strategi pemecahannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang model sumber-sumber belajar peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan sumber-sumber belajar faktor pendukung dan pendayagunaannya serta faktor penghambat dan strategi pemecahannya. Penelitian ini dilakukan di Tarbiyatul Athfal (TA) Alam Ar-Rohmah Dau Malang sebagai salah satu sekolah berstatus swasta dan setingkat taman kanak-kanak di kabupaten Malang yang pernah meraih prestasi di bidang akademis dan non akademis di tingkat kecamatan kota/kabupaten Malang dan tingkat propinsi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan landasan berpikir fenomenologis. Dalam penelitian ini dilakukan tanpa mengisolasi subjek penelitian dan dilakukan secara langsung di lapangan. Untuk mengumpulkan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian maka skripsi ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara observasi dan studi dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah model sumber-sumber belajar di TA Alam Ar-Rohmah terdiri dari (1) model sumber belajar berbasis sistem pembelajaran (2) model sumber belajar berbasis alam bebas dan sosial (3) model sumber belajar berbasis guru (4) model sumber belajar berbasis media. Peran kepala sekolah dalam mengelola sumber belajar adalah dalam (1) perencanaan sumber belajar (2) pengadaan sumber belajar (3) pemanfaatan sumber belajar dan (4) pemeliharaan sumber belajar. Faktor-faktor pendukung dan pemberdayaan dalam pengelolaan sumber-sumber belajar di TA Alam Ar-Rohmah Dau Malang yaitu a) kepemimpinan kepala sekolah b) dukungan serta pandangan positif dari ketua yayasan guru dan staf sekolah dan c) peran serta orang tua dan masyarakat sekitar. Strategi pemberdayaannya sebagai berikut a) meningkatkan kemampuan kepala sekolah dengan melanjutkan program studi b) mengadakan rapat rutin bersama pihak internal sekolah c) melakukan pembinaan dan kerjasama dengan pihak eksternal sekolah. Faktor-faktor penghambat yang ada yaitu a) guru yang masih belum profesional b) tuntutan penggunaan teknologi dalam sekolah berbasis alam. Strategi pemecahannya sebagai berikut a) pemberian kesempatan guru untuk mengikuti diklat dan meneruskan studi kependidikannya b) upaya kepala sekolah dalam memadukan sumber belajar berbasis alam dengan sumber belajar berbasis teknologi modern. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada kepala sekolah agar selalu berusaha meningkatkan kompetensi dan kemampuannya agar dapat menjadi pemimpin pendidikan yang profesional. Diharapkan para guru pengajar dan staf di TA Alam Ar-Rohmah sebagai sekolah berbasis alam semesta dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan dalam pemanfaatan sumber-sumber belajar yang mendukung sistem pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3151

Actions (login required)

View Item View Item