Dewayani, Mifta Dewayani (2024) Efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika kelas x dkv di smkn 10 malang / MIFTA DEWAYANI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti keefektifan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada mata Informatika di SMK Kelas X DKV. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk quasi eksperimen (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dimana pengambilan sampel dipilih berdasarkan tujuan penelitian dan berdasarkan pertimbangan tertentu. Sampel yang digunakan yaitu kelas X DKV 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X DKV 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil yang didapatkan penelitan ini adalah pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar siswa dari 63 64 menjadi 73 78 sedangkan pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar siswa dari 64 menjadi 85 03. Dari nilai kedua kelas tersebut mengalami kenaikan hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil rata-rata persentase gain normalisasi pada kelas eksperimen adalah sebesar 56 27% sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Group Investigation (GI) dikategorikan cukup efektif diterapkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di SMKN 10 Malang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315087 |
Actions (login required)
View Item |