Modul pembelajaran komunikasi data dan jaringan komputer berbasis problem based learning (pbl) untuk meningkatkan pemahaman sertifikasi jaringan komputer bagi mahasiswa s1 pendidikan teknik informatika universitas negeri malang / Nazhiroh Tahta Arsyillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Modul pembelajaran komunikasi data dan jaringan komputer berbasis problem based learning (pbl) untuk meningkatkan pemahaman sertifikasi jaringan komputer bagi mahasiswa s1 pendidikan teknik informatika universitas negeri malang / Nazhiroh Tahta Arsyillah

Arsyillah, Nazhiroh Tahta Arsyillah (2023) Modul pembelajaran komunikasi data dan jaringan komputer berbasis problem based learning (pbl) untuk meningkatkan pemahaman sertifikasi jaringan komputer bagi mahasiswa s1 pendidikan teknik informatika universitas negeri malang / Nazhiroh Tahta Arsyillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program studi Pendidikan Teknik Informatika memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan dengan tingkat Sarjana yang unggul serta berdaya saing tinggi. Perguruan tinggi juga dituntut untuk menciptakan lulusan yang sudah siap kerja. Namun saat ini persaingan dalam dunia kerja semakin ketat. Salah satu cara untuk mencapai tujuan dari prodi dan perguruan tinggi tersebut yaitu dengan dilakukannya uji kompetensi. Uji kompetensi yang dapat diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika di Universitas Negeri Malang adalah sertifikasi profesi skema teknisi utama jaringan komputer. Salah satu mata kuliah yang sejalan dengan sertifikasi jaringan komputer adalah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer. Berdasarkan pada penelitian awal yang telah dilakukan didapatkan sebanyak 72 4% mahasiswa berminat untuk mengikuti Sertifikasi Jaringan Komputer dan 91 9% mahasiswa tertarik jika ada modul ajar yang dapat meningkatkan pemahaman dalam Sertifikasi Jaringan Komputer. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan modul pembelajaran Komunikasi Data dan Jaringan Komputer berbasis problem based learning untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap sertifikasi jaringan komputer. Modul pembelajaran ini disimpan dalam ekstensi .pdf sehingga dapat diakses melalui smartphone laptop maupun komputer. Pengembangan modul pembelajaran ini menggunakan model pengembangan 4D yang memiliki tahapan yaitu define design develop dan desseminate. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2022 yang telah menempuh mata kuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berdasarkan dari wawancara pada awal penelitian. Data kuantitatif berupa kuesioner yang terbagi menjadi beberapa bagian yaitu ahli materi ahli media dan pengguna. Hasil dari validasi yang telah dilakukan kepada ahli media dan ahli materi memperoleh hasil sebagai berikut (1) validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 96 1% dengan kategori sangat valid (2) validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 96 7% dengan kategori sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Komunikasi Data dan Jaringan Komputer telah dinyatakan valid oleh ahli media dan ahli materi maka dapat dilanjutkan uji kelayakan dengan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil dari uji coba kelompok kecil dan kelompok besar sebagai berikut (1) uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 87% atau sangat layak (2) uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 90 3% atau sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Komunikasi Data dan Jaringan Komputer layak untuk digunakan. Kemudian dari penggunaan modul pembelajaran Komunikasi Data dan Jaringan Komputer didapatkan hasil uji N-Gain melalui soal pretest dan posttest pemahaman mahasiswa terhadap sertifikasi jaringan komputer setelah menggunakan modul ajar didapatkan hasil sebesar 78%. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Komunikasi Data dan Jaringan Komputer dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap sertifikasi jaringan komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/315084

Actions (login required)

View Item View Item