Roselawati, Elsea Pricilia Roselawati (2023) Perbandingan implementasi model pembelajaran project based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar dan keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran informatika di smk muhammadiyah 2 malang / Elsea Pricilia Roselawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SMK Muhammadiyah 2 Malang siswa cenderung belajar secara pasif karena model pembelajaran Discovery Learning yang digunakan hanya mengajarkan secara teori dan konsep sehingga dinilai kurang cocok untuk mata pelajaran yang bersifat practical-based. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang mencapai KKM dan kurangnya peran siswa dalam mengerjakan tugas kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) deskripsi hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan Discovery Learning (2) deskripsi hasil keterampilan kolaborasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan Discovery Learning (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan Discovery Learning dan (4) terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment desain non-equivalent control group design dengan tipe pretest-posttest. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian kelas X AKL sebagai kelas eksperimen yang dikenai perlakuan dan X MM sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari observasi tes hasil belajar dan angket non-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar dan keterampilan kolaborasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sehingga didapatkan simpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar dan keterampilan kolaborasi antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan Discovery Learning pada mata pelajaran Informatika di SMK Muhammadiyah 2 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315066 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |