Peran lingkungan belajar dan minat melanjutkan studi terhadap ekspektasi memilih karir pada siswa kelas xii jurusan teknik komputer jaringan di kota malang / Suti Mega Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran lingkungan belajar dan minat melanjutkan studi terhadap ekspektasi memilih karir pada siswa kelas xii jurusan teknik komputer jaringan di kota malang / Suti Mega Nur Azizah

Azizah, Suti Mega Nur Azizah (2022) Peran lingkungan belajar dan minat melanjutkan studi terhadap ekspektasi memilih karir pada siswa kelas xii jurusan teknik komputer jaringan di kota malang / Suti Mega Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemerintah berupaya membangun sumber daya manusia (SDM) berkualitas terampil serta siap kerja di dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dengan mengadakan pendidikan formal berbasis kompetensi yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Keterserapan lulusan SMK di dunia kerja kenyataannya belum memenuhi harapan. Masih banyak lulusan yang bekerja di luar kompetensinya karena merasa bosan dengan lingkup kerja pada kompetensi tersebut. Ada pula lulusan lain yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi untuk mengembangkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki. Keputusan menentukan karir yang masih bergantung pada saran orang yang lebih tua menunjukkan menunjukkan bahwa lingkungan belajar memainkan peran penting dalam membentuk pilihan dan strategi siswa untuk karir masa depan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat dan signifikansi peran lingkungan belajar minat melanjutkan studi dan ekspektasi memilih karir pada siswa kelas XII Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di Kota Malang. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif-deskriptif dengan kuesioner dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas XII Jurusan Teknik Jaringan Komputer Kota Malang sebanyak 83 siswa dari lima sekolah. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier untuk melakukan analisis regresi dan SPSS untuk pengolahan data. Berdasarkan analisis data tersebut diperolah hasil bahwa (1) tingkat lingkungan belajar berada di tingkat sedang (2) tingkat minat melanjutkan studi berada di tingkat sedang (3) tingkat ekspektasi memilih karir berada di tingkat sedang (4) terdapat peran yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan ekspektasi memilih karir (5) terdapat peran yang positif dan signifikan antara minat melanjutkan studi dengan ekspektasi memilih karir dan (6) terdapat peran yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar minat melanjutkan studi dengan ekspektasi memilih karir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/315036

Actions (login required)

View Item View Item