Pratiwi, Ocky Dwi (2014) Pengaruh kualitas layanandan citra toko terhadap loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan Takashimura Departemens Store Krian Sidoarjo) / Ocky Dwi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pratiwi Ocky Dwi. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Takashimura Department Store Krian Sidoarjo). Skripsi Program Studi S1 Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (2) Titis Shinta Dhewi S.P. M.M. Kata kunci Kualitas Layanan Citra Toko Loyalitas Pelanggan Dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat Takashimura Department Store Krian Sidoarjo menggunakan strategi dengan meningkatkan kualitas layanan dan membangun citra toko untuk membentuk pelanggan yang loyal. Berdasarkan penjelasan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian tentang kualitas layanan dan citra toko yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pada pelanggan Takashimura Department Store Krian Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Deskripsi kualitas layanan citra toko dan loyalitas pelanggan (2) Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan (3) Pengaruh citra toko terhadap loyalitas pelanggan (4) Variabel yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan korelasional dimana penelitian yang mendeskripsikan terhadap masalah-masalah berupa fakta saat ini dari suatu populasi dan bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini menggunakan teknik sampling insidental dalam pengambilan sampel sebanyak 150 orang sebagai responden. Skala pengukuran menggunakan skala likert dengan lima pilihan jawaban. Pengujian kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Wawancara kuesioner dan observasi digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Kualitas layanan dan citra toko yang dilakukan pada Takashimura Department Store Krian Sidoarjo sudah baik untuk mempertahankan pelanggan (2) Kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan (3) Citra toko berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan (4) Variabel citra toko memberikan pengaruh yang dominan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Takashimura Departement Store perlu meningkatkan layanan agar pelanggan tetap setia dan menetapkan strategi positioning toko untuk membangun citra toko yang baik di benak pelanggan tidak hanya dari unsur-unsur lokasi promosi dan harga melainkan dari unsur lainnya seperti merchandising kenyamanan dan atmosfer toko (2) Kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan jumlah variabel dengan mempertimbangkan faktor pribadi dan faktor sosial agar lebih bervariasi dan mengembangkan metode penelitian yang digunakan agar hasil dan isi penelitian memberikan wawasan yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |