Hubungan preferensi atas pembagian tugas dan kepuasan kerja dengan kinerja guru di sekolah menengah pertama (SMP) se-kecamatan Turen Kabupaten Malang / Afifah Suci Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan preferensi atas pembagian tugas dan kepuasan kerja dengan kinerja guru di sekolah menengah pertama (SMP) se-kecamatan Turen Kabupaten Malang / Afifah Suci Ningsih

Ningsih, Afifah Suci (2009) Hubungan preferensi atas pembagian tugas dan kepuasan kerja dengan kinerja guru di sekolah menengah pertama (SMP) se-kecamatan Turen Kabupaten Malang / Afifah Suci Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru adalah salah satu tenaga kependidikan yang mempunyai peran penting sebagai faktor penentu keberhasilan tujuan organisasi selain tenaga kependidikan lainnya. Karena guru yang langsung berhadapan dengan peserta didik untuk memberikan bimbingan yang akhirnya akan menghasilkan lulusan yang diharapkan. Peran guru sebagai fasilitator perkembangan peserta didik yang membutuhkan profesionalisme guru dalam mengajar dan sebagai pengelola kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Guru juga orang yang rela dan ikhlas untuk membantu dalam kemajuan anak bangsa melatih berfikir kritis yang dapat membentuk potensi yang sebelumnya tidak dimiliki oleh peserta didik. Pembagian tugas guru di sini adalah suatu pekerjaan yang harus dilakukan oleh guru sesuai dengan kemampuan atau kualitas yang dimiliki pada masing-masing individu. Adanya pembagian tugas guru ini supaya memudahkan proses belajar-mengajar karena guru memiliki kemampuan dalam mata pelajaran yang sesuai dengan bidang masing-masing atau jurusan yang diperolehnya di perguruan tinggi. Rumusan masalah yang dikemukakan penelitian ini adalah (1) bagaimana gambaran preferensi atas pembagian tugas guru di SMP se-Kecamatan Turen Kabuapaten Malang (2) bagaimana gambaran kepuasan kerja guru di SMP se-Kecamatan Turen Kabuapaten Malang (3) bagaimana gambaran kinerja guru di SMP se-Kecamatan Turen Kabuapaten Malang (4) apakah preferensi atas pembagian tugas berhubungan dengan kinerja guru di SMP se-Kecamatan Turen Kabupaten Malang (5) apakah kepuasan kerja berhubungan dengan kinerja guru di SMP se-Kecamatan Turen Kabupaten Malang (6) apakah ada hubungan preferensi atas pembagian tugas dan kepuasan kerja dengan kinerja guru di SMP se-Kecamatan Turen Kabupaten Malang Uraian pekerjaan bisa menjadi dasar untuk menetapkan spesifikasi pekerjaan dan evaluasi pekerjaan bagi pejabat yang memegang jabatan itu. Uraian pekerjaan yang kurang jelas akan mengakibatkan seorang pejabat kurang mengetahui tugas dan tanggung jawabnya. Tujuan utama membuat uraian pekerjaan adalah menentukan tugas-tugas utama yang berkontribusi pada pencapaian tujuan pekerjaan dan bukan menguraikan semua tugas dan kewajiban yang dilakukan pemegang pekerjaan. Apabila seorang guru mencoba memaksakan diri untuk mendaftar semua tugas dan kewajiban dalam suatu bidang pekerjaan maka akan gagal karena uraian pekerjaan akan menjadi panjang lebar. Uraian pekerjaan ini untuk membatasi keluwesan para guru dan hanya ditujukan untuk mengidentifikasikan secara umum bidang tanggung jawab utama setiap guru. Rancangan penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional. Variabel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah preferensi atas pembagian tugas dan kepuasan kerja dengan kinerja guru di SMP se-Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Objeknya adalah SMP se-Kecamatan Turen Kabupaten Malang dan populasi penelitian semua guru di SMP se-Kecamatan Turen. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif teknik analisis korelasi product moment pearson dan analisis korelasi ganda. Hasil analisa korelasi ganda diperoleh nilai F hitung sebesar 82 047 dengan probabilitas 0 000 dengan tingkat signifikansi 0 05. Berdasarkan uji F dengan menggunakan analisis korelasi ganda maka dapat diambil kesimpulan bahwa jika nilai probabilitas (pv) 0 000 nilai 61537 0 05 maka H ditolak dalam arti ada hubungan preferensi atas pembagian tugas dan kepuasan kerja dengan kinerja guru di SMP se-Kecamatan Turen. Sedangkan uji T berdasarkan analisa korelasi secara parsial diperoleh nilai t hitung untuk preferensi atas pembagian tugas sebesar 7 090 dengan nilai p 0 000 dan kepuasan kerja diperoleh nilai T sebesar 5 012 dengan nilai p 0 000 dengan taraf signifikan 0 05 (5%). Maka dapat disimpulkan bahwa jika nilai p 0 05 maka H ditolak hal ini menunjukkan bahwa dari masing-masing variabel X1 (preferensi atas pembagian tugas) dan X2 (kepuasan kerja) dengan Y (kinerja guru) menunjukkan adanya keterkaitan antara variabel bebas dan variabel terikat. Pembagian tugas dan kepuasan kerja dengan kinerja guru berhubungan sebab berkaitan erat dalam belajar peserta didik baik di sekolah atau di lingkungan masyarakat. Kepuasan kerja diperoleh dari bagaimana guru dapat bertanggung jawab atas pekerjaannya dan hal ini juga berhubungan dengan kinerja guru dalam proses belajar-mengajar di sekolah. Guru dikatakan berhasil jika guru itu bisa mempersiapkan peserta didik dengan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam hidup bermasyarakat nantinya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teori dan hasil penelitian di lapangan menunjukkan tidak ada kesenjangan yang berarti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa hubungan preferensi atas pembagian tugas dan kepuasan kerja mempunyai hubungan yang positif dengan kinerja guru di SMP se-Kecamatan Turen. Saran peneliti (1) Kepala SMP se-Kecamatan Turen agar lebih memahami tentang kemampuan guru di dalam pelaksanaan pembagian tugas terhadap guru pada bidang mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan atau kemampuan yang dimiliki guru supaya dapat mengelola proses belajar-mengajar di sekolah dengan baik (2) Guru SMP se-Kecamatan Turen untuk lebih meningkatkan kinerjanya sebagai guru agar dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan tugasnya serta kemampuan yang dimiliki dan guru juga dapat lebih meningkatkan hasil kerjanya dengan lebih baik (3) Jurusan Administrasi Pendidikan lebih menambah kajian tentang manajemen pendidikan khususnya di bidang manajemen sumber daya manusia (4) Peneliti lain diharapkan untuk lebih memfokuskan penelitiannya terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi atas pembagian tugas kinerja guru serta kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3150

Actions (login required)

View Item View Item