Pengembangan multimedia pembelajaran mata pelajaran fisika SMA kelas X pokok bahasan arus listrik di SMA Negeri IV Kediri / Miftahudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran mata pelajaran fisika SMA kelas X pokok bahasan arus listrik di SMA Negeri IV Kediri / Miftahudin

Miftahudin (2012) Pengembangan multimedia pembelajaran mata pelajaran fisika SMA kelas X pokok bahasan arus listrik di SMA Negeri IV Kediri / Miftahudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan multimedia pembelajaran fisika Multimedia pembelajaran merupakan salah satu media pembelajaran yang saat ini banyak digunakan dalam proses pembelajaran. Multimedia merupakan perpaduan antara tulisan gambar serta suara. Dalam pemanfaatannya yang menggunakan Komputer menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa untuk mempelajari fisika. Berdasarkan observasi di SMA Negeri 4 Kediri dalam pembelajaran fisika media yang digunakan belum maksimal. Media yang digunakan kurang menarik Ini dapat dilihat dari kegiatan pembelajarannya yang selalu memanfaatkan media papan tulis yang hanya bisa menghasilkan gambar statis sehingga siswa lebih banyak membayangkan dalam memahami konsep materi. Kegiatan pembelajarannya masih didominasi oleh guru dengan banyak menjalaskan materi sehingga siswa lebih pasif dalam menerima materi. Oleh karena itu multimedia dijadikan pilihan untuk digunakan sebagai media pembelajaran karena dengan multimedia siswa akan lebih memahami materi dengan konkrit dengan bantuan gambar dan animasi. Pengembangan multimedia pembelajaran ini bertujuan menghasilkan multimedia pembelajaran mata pelajaran fisika pokok bahasan arus listrik yang menarik dan bermanfaat bagi siswa. Sedangkan subyek uji coba pengembangan ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri. Pengembangan multimedia pembelajaran ini divalidasi oleh seorang ahli media dua orang ahli materi diikuti uji coba individual sebanyak tiga siswa dan uji coba lapangan sebanyak dua puluh siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan multimedia pembelajaran yang dihasilkan dinyatakan valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran fisika pokok bahasan arus listrik. Dalam proses pengembangan yang dilakukan peneliti melakukan perbaikan sesuai saran dari validator (ahli media dan ahli materi). Perbaikan tersebut meliputi (1) Pembenahan teknis tata kalimat. (2) pembenahan kualitas video yang terlalu panjang. (3) Pembenahan urutan bahasan materi. (4) Penambahan animasi dalam multimedia yang dikembangkan. Sedangkan hasil analisis angket yang diberikan kepada ahli media menunjukkan 82 50% dan ahli materi 80%. 8195 Multimedia yang dikembangkan juga terbukti menarik dan bermanfaat. Hal ini ditunjukan oleh hasil analisis angket siswa 86 67% untuk uji coba individual 83 25% untuk uji coba lapangan selain itu kemanfaatan multimedia ini juga diperkuat oleh tes hasil belajar siswa yang menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 97 dari skor maksimal 100. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada pihak sekolah agar mendorong pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia pada mata pelajaran yang lainnya karena multimedia sangat berguna untuk memaksimalkan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item View Item