Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index tahun 2011-2012 / Rina Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index tahun 2011-2012 / Rina Susanti

Susanti, Rina (2014) Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index tahun 2011-2012 / Rina Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susanti Rina. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Profitabilitas Perusahaan yang Listing di Jakarta Islamic Index Tahun 2011-2012. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heri Pratikto M.Si (II) Subagyo S.E. S.H. M.M. Kata kunci Corporate Social Responsibility Profitabilitas Nilai Perusahaan 12288 12288 12288 12288 Tujuan utama perusahaan adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan menggambarkan seberapa baik atau buruk manajemen mengelola kekayaannya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi naik turunnya nilai perusahaan salah satunya adalah Corporate Sosial Responsibility (CSR). CSR atau yang sering disebut sebagai tanggungjawab sosial perusahaan meru-pakan variabel yang menunjukkan komitmen perusahaan dalam mensejahterakan seluruh stakeholdernya. Perusahaan yang mampu melaksanakan CSR-nya dengan baik berarti telah mampu menjaga hubungan baik dengan semua stakeholdernya. Hal ini akan berdampak kepada meningkatnya profitabilitas perusahaan yang selanjutnya akan diikuti dengan meningkatnya nilai perusahaan. 12288 12288 12288 12288 Variabel yang diteliti adalah Corporate Social Responsibility (CSR) Profitabilitas yang diwakili oleh variabel Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE) serta nilai perusahaan. Data kemudian diolah dengan mengunakan teknik analisis deskriptif dan kuantitatif yaitu analisis jalur (Path Analysis) pada program SPSS 16. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi setiap variabel serta pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan secara langsung maupun pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas. Populasi penelitian ini meliputi seluruh perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index tahun 2011-2012. Dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 16 perusahaan. Dengan pengambilan periode penelitian selama 2 tahun selanjutnya diperoleh jumlah data sebanyak 32 data. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi nilai perusahaan menga- lami penurunan dari tahun 2011 ke tahun 2012 kondisi CSR mengalami pening-katan dari tahun 2011 ke tahun 2012 sedangkan kondisi profitabilitas yang diproksikan dengan rasio ROA dan ROE sama-sama mengalami penurunan dari tahun 2011 ke tahun 2012. Pada hasil uji statistik menunjukkan bahwa (2) CSR berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0 000 dan nilai beta sebesar 10 933. (3) Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0 000 dan nilai beta sebesar 1 560. (4) CSR tidak berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan tahun 2011-2012. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0 771 dimana nilai tersebut lebih besar dari 945 (0 05). (5) Profitabilitas berperan sebagai variabel mediator untuk menghubungkan pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi CSR terhadap profitabilitas sebesar 0 000 dan nilai signifikansi profitabilitas terhadap nilai perusahaan sebesar 0 000. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan adalah sebagai berikut (1) Pihak manajemen perusahaan sebaiknya memperhatikan aktivitas maupun pelaporan CSR yang dilaksanakan perusahaan serta profitabilitas sebagai variabel modiator untuk menghubungkan pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan (2) Investor dalam melakukan investasi agar mempertimbangkan pelaksana CSR perusahaan yang akan dituju sebagai tempat berinvestasi. Selain itu profitabilitas juga memegang peranan penting sebagai pertimbangan dalam berinvestasi sehubungan dengan peran profitabilitas sebagai variabel mediator dalam menghubungkan pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan. (3) Peneliti selanjutnya sebaiknya menambahkan variabel lain diluar variabel penelitian. Hal ini disebabkan karena nilai error pada variabel terikat yang dipengaruhi oleh variabel CSR cukup tinggi yaitu sebesar 0.799. Selain itu bagi peneliti selanjutnya yang akan menggunakan variabel CSR sebagi variabel bebas dan nilai perusahaan sebagai variabel terikanya sebaiknya melakukan pengklasifikasian bidang atau jenis usaha perusahaan yang akan dijadikan sebagai sampel penelitian. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31499

Actions (login required)

View Item View Item