Pengaruh efisiensi pengendalian biaya dan tingkat perputaran modal kerja terhadap rentabilitas ekonomi pada KPRI Kota Malang tahun 2011 / Rizki Anisa

Anisa, Rizki (2014) Pengaruh efisiensi pengendalian biaya dan tingkat perputaran modal kerja terhadap rentabilitas ekonomi pada KPRI Kota Malang tahun 2011 / Rizki Anisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anisa, Rizki. 2013. Pengaruh Efisiensi Pengendalian Biaya dan Tingkat Perputaran Modal Kerja terhadap Rentabilitas pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Kota Malang Tahun 2011.Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. F Danardana Murwani, M.M, (II) Fadia Zen, S.E, M.M. Kata Kunci: Efisiensi pengendalian biaya, tingkat perputaran modal kerja, rentabilitas (ROA). Koperasi adalah organisasi ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. Salah satu dari koperasi adalah Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI). Tujuan KPRI adalah mensejahterakan anggotanya dan meningkatkan keuntungan serta rentabilitas. Berdasarkan laporan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas PKPRI kota Malang tahun 2011 menunjukkan kondisi rentabilitas (ROA) yang kurang baik. Rentabilitas akan diukur dari manajemen biaya serta penggunaan modal yang ada dalam perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efisiensi pengendalian biaya dan tingkat perputaran modal kerja terhadap rentabilitas (ROA) pada KPRI kota Malang tahun 2011. Populasi penelitian ini adalah 66 unit KPRI kota Malang yang tercatat masih aktif dan melakukan RAT serta memiliki laporan keuangan sesuai dengan SAK. Sampel yang digunakan ada sebanyak 30 KPRI dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dari neraca dan laporan laba rugi KPRI tahun 2010-2011. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efisiensi pengendalian biaya (BOPO), tingkat perputaran modal kerja,serta rentabilitas KPRI kota Malang tahun 2011 mengindikasikan kondisi yang cukup baik. Hal ini menunjukkan kemampuan manajemen KPRI dalam pengendalian biaya operasionalnya dan pengelolaan aktivanya sudah baik dan efisien. Hasil penelitian membuktikan bahwa efisiensi pengendalian biaya (BOPO) berpengaruh negatif signifikan sedangkan tingkat perputaran modal kerja berpengaruh positif signifikan terhadap rentabilitas (ROA) pada KPRI kota Malang tahun 2011. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disarankan kepada pihak manajemen KPRI untuk lebih dapat mengelola aktiva lancarnya serta mengelola biaya operasionalnya agar meminimalisir biaya dan dapat menghasilkan ROA yang tinggi. Selain itu pengelolaan unit usaha koperasi harus dilakukan dengan baik agar koperasi dapat terus beroperasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31494

Actions (login required)

View Item View Item