Analisis SWOT sebagai dasar penerapan strategi pemasaran jasa pada obyek wana wisata Balekambang di Kabupaten Malang / Puguh Wiranto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis SWOT sebagai dasar penerapan strategi pemasaran jasa pada obyek wana wisata Balekambang di Kabupaten Malang / Puguh Wiranto

Wiranto, Puguh (2014) Analisis SWOT sebagai dasar penerapan strategi pemasaran jasa pada obyek wana wisata Balekambang di Kabupaten Malang / Puguh Wiranto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wiranto Puguh. 2013. Analisis SWOT Sebagai Dasar Penerapan Strategi Pemasaran Jasa pada Obyek Wisata Balekambang di Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Pemasaran. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sutrisno M.M (II) Handri Dian Wahyudi S.Pd. S.E M.Sc. Kata Kunci Analisis SWOT Strategi Pemasaran Jasa Balekambang Usaha dalam bidang jasa mengalami persaingan yang semakin ketat. Hal ini mengharuskan perusahaan untuk membuat atau merumuskan sebuah strategi pemasaran yang tepat. Perumusan strategi pemasaran jasa didasarkan pada analisis yang menyeluruh terhadap faktor-faktor internal dan faktor-faktor esternal perusahaan sehingga menghasilkan strategi yang tepat sesuai dengan keadaan perusahaan. Analisis SWOT merupakan alat analisis yang kerap digunakan. Dengan menggunakan analisis SWOT perusahaan dapat mengetahui posisi dan strategi pemasaran jasa yang tepat untuk diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi kekuatan kelemahan peluang dan ancaman pada Obyek Wisata Balekambang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui posisi Obyek Wisata Balekambang dan saran berupa strategi pemasaran jasa yang dapat diterapkan pada Obyek Wisata Balekambang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh dari dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan tehnik trianggulasi dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis SWOT. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan mengadakan konfirmasi data yang diperoleh terhadap subyek penelitian. Berdasarkan analisis SWOT yang telah dilaksanakan diketahui faktor yang menjadi kekuatan Obyek Wisata Balekambang adalah lokasi obyek wisata keindahan alam yang natural memiliki wahana selain wisata pantai memiliki potensi budaya memiliki tempat penginapan dan terdapat lapak pedagang yang beraneka ragam. Kelemahan Obyek Wisata Balekambang adalah promosi masih kurang lahan parkir yang belum optimal listrik belum ada akses jalan kurang lebar dan kurang rambu-rambu keamanan pantai masih kurang dan kebersihan obyek wisata masih kurang. Peluang Obyek Wisata Balekambang adalah Word of mouth kebutuhan rekreasi potensi budaya yang dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan bekerja sama dengan pihak swasta. Ancaman Obyek Wisata Balekambang adalah Sampah yang mengganggu pemandangan obyek wisata naiknya harga BBM yang mempengaruhi keinginan untuk berwisata tindak kejahatan yang kemungkinan dan bencana alam. Posisi Obyek Wisata Balekambang berada pada kuadran I dengan skor 1 10 untuk faktor internal dan skor 0 45 untuk faktor eksternal. Adapun strategi yang dapat diterapkan oleh Obyek Wisata Balekambang antara lain pembuatan dan melakukan pemasaran melalui blog fanspage facebook akun twitter melakukan pengembangan diversifikasi produk memberikan penawaran kerjasama untuk pihak swasta pemberian merchandise untuk pengunjung yang menginap di penginapan melakukan pemasaran langsung (jemput bola) kepada masyarakat. Beberapa saran yang dapat diberikan antara lain 1) Pihak pengelola obyek wisata harus mengevaluasi kebersihan sarana dan prasarana dan keamanan setiap bulan agar kekuatan dan peluang obyek wisata dapat terjaga atau bahkan mampu bertambah sehingga mampu menambah daya tarik terhadap pengunjung 2) Melakukan pengecekan kondisi obyek wisata dan evaluasi secara berkala. Pengecekan dan evaluasi ini bisa dilakukan setiap minggu bersama semua staff obyek wisata. 3) Diversifikasi pada Obyek Wisata Balekambang perlu ditingkatkan karena pada saat ini hanya wahana flying fox yang menjadi andalan perluasan lini produk tersebut padahal Obyek Wisata Balekambang memiliki area pantai yang cukup luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31492

Actions (login required)

View Item View Item