Istisaroh, Apissa (2024) Pengaruh fasilitas praktik menggambar terhadap hasil belajar siswa kelas 10 kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan di SMKN 1 Jenangan Ponorogo / Apissa Istisaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Suatu aktivitas belajar siswa yang dilakukan apabila didukung dan tanpa dukungan fasilitas yang baik tentu akan memberikan hasil berbeda. Dari data Kemendikbud Ristek (2023) terkait jumlah ruang kelas menurut kondisi dan satuan pendidikan tahun 2022/2023 dapat diketahui bahwa sebanyak 30 89% ruang kelas SMK dalam kondisi rusak ringan sedang dan parah. Dari data tersebut tidak menutup kemungkinan untuk ruang praktik menggambar masuk dalam keadaan yang tidak jauh berbeda demikian. Pengamatan selama Asistensi Mengajar diketahui bahwa kenyamanan ruangan dan kelengkapan fasilitas praktik menggambar masih kurang baik. Meskipun elemen gambar teknik secara digital menggunakan komputer dengan Software AutoCAD hanya sebagai pelajaran tambahan tetapi apabila dipersiapkan dengan baik pasti akan bermanfaat bagi siswa di jenjang kelas 11 dan 12 nantinya. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui kondisi fasilitas praktik menggambar siswa kelas 10 elemen gambar teknik kompetensi keahlian DPIB di SMKN 1 Jenangan Ponorogo (2) Mengetahui pengaruh fasilitas praktik menggambar terhadap hasil belajar siswa kelas 10 elemen gambar teknik kompetensi keahlian DPIB di SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan filsafat positivisme sebagai landasan. Sampel penelitian dari populasi siswa kelas 10 DPIB SMKN 1 Jenangan. Pengumpulan data melalui metode random sampling bantuan google form berisi kuesioner. Analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif korelasi dan regresi. Penelitian ini menghasilkan dua temuan yaitu (1) Kualitas fasilitas praktik menggambar siswa kelas 10 DPIB di SMKN 1 Jenangan berada dalam kategori yang cukup tinggi ditinjau dari aspek gedung sekolah ruang bengkel gambar (laboratorium komputer) media dan sumer belajar perpustakaan pembiayaan dan fasiitas belajar di rumah. Sedangkan secara spesifik ruang bengkel gambar (labratorium komputer) dari rerata jawaban responden dan hasil pengukuran di lapangan dalam kategori cukup tinggi. Cukup tingginya kualitas ruangan tersebut ditinjau dari ukurna ruangan yang masih belum atau tidak sesuai dengankapasitasnya dan kenyamanan ruangan tergolong nyaman dari kebisingan pencahayaan temperatur dan kelembaban dengan memperahtikan toleransi tertentu (2) Fasilitas praktik menggambar mempengaruhi hasil belajar elemen gambar teknik secara signifikan dan mengalami kenaikan yang bernilai positif selain itu fasilitas praktik menggambar mempengaruhi hasil belajar elemen gambar teknik sebesar 24 6% yang sisanya 75 4% dipengaruhi variabel selain yang terdapat pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 04:08 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/314680 |
Actions (login required)
View Item |