Hubungan gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa jurusan bangunan smk negeri 1 singosari / Cindy Kharismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa jurusan bangunan smk negeri 1 singosari / Cindy Kharismawati

Kharismawati, Cindy Kharismawati (2024) Hubungan gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa jurusan bangunan smk negeri 1 singosari / Cindy Kharismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gaya mengajar guru dalam pembelajaran praktik harus diperhatikan karena memiliki karakterisik berbeda dengan pembelajaran teoritis. Beberapa guru jurusan SMKN 1 Singosari guru mengungkapkan bahwa telah menerapkan gaya mengajar yang disesuaikan dengan capaian belajar siswa namun siswa masih kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Didukung dengan hasil uji observasi awal dapat disimpulkan bahwa siswa termotivasi sebesar 40 9% atau sebanyak 37 siswa dan 59 1% atau 53 siswa masih kurang semangat dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Namun belum diketahui secara pasti tingkat motivasi belajar dalam pembelajaran praktik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi ada atau tidaknya hubungan gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Singosari khususnya pada pembelajaran praktik. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini menggunakan sampel dari siswa SMK Negeri 1 Singosari jurusan bangunan meliputi DPIB TKP dan Geomatika dengan total responden sejumlah 245 siswa. Penentuan pengambilan jumlah sampel menggunakan rumus dari slovin. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling berupa Proportionate Stratified Random Sampling. data diperoleh dengan menggunakan angket berupa kuesioner yang telah di uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif dan uji korelasi pearson uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linieritas. Semua uji yang dilakukan menggunakan software SPSS 23 dan bantuan Microsoft Excel. Hasil pengujian menunjukkan gaya mengajar teknologis tergolong dalam kategori tinggi (31%) gaya mengajar interaksional dalam kategori tinggi (37%) motivasi belajar intrinsik dalam kategori tinggi (40%) dan motivasi ekstrinsik dalam kategori tinggi (46%). Nilai Koefisien korelasi pada variabel gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa sebesar 0 603 artinya memiliki hubungan positif secara signifikan termasuk dalam kategori kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/314678

Actions (login required)

View Item View Item