Pengaruh game based learning terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar konstruksi bangunan kelas x-tkp di smkn 1 kediri / Elza Firlailyan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh game based learning terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar konstruksi bangunan kelas x-tkp di smkn 1 kediri / Elza Firlailyan

Firlailyan, Elza Firlailyan (2024) Pengaruh game based learning terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar konstruksi bangunan kelas x-tkp di smkn 1 kediri / Elza Firlailyan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Game based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang cocok diimplementasikan di SMK karena pembelajarannya dapat membantu siswa menjadi lebih aktif edukatif dan bekerja sama dengan baik bersama kelompoknya. sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini 1) mengetahui pelaksanaan game based learning 2) mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diimplementasikannya game based learning 3) mengetahui pengaruh game based learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Dasar Konstruksi Bangunan kelas X-TKP di SMKN 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Kediri dengan sampel penelitian kelas X-TKP 1 sebagai kelompok eksperimen dengan diberi penerapan game based learning dan X-TKP 2 sebagai kelompok kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Pengujian hipotesis menggunakan dua uji T yaitu Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) game based learning merupakan model pembelajaran inovatif yang digunakan di kelas X-TKP 1 dalam pelaksanaannya memungkinkan siswa berpikir kreatif dan mendiskusikan konsep pembelajaran setelah bermain game. Pembelajaran ini menciptakan lingkungan belajar yang kondusif mencegah kebosanan dan mendorong pembelajaran dengan interaksi bersama kelompok serta meningkatkan motivasi belajar ketika memainkan permainan papan dart 2) uji Paired Sample T-Test menyatakan bahwa pada kelas eksperimen terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah dilaksanakannya game based learning dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0 000 lt 0 05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima sehingga model game based learning mampu menjadikan hasil belajar siswa menjadi meningkat 3) uji Independent Sample T-Test menyatakan bahwa game based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Dasar Konstruksi Bangunan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0 000 lt 0 05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa nilai hasil belajar siswa kelas X-TKP 1 lebih besar peningkatannya secara signifikan dibandingkan dengan kelas X-TKP 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/314677

Actions (login required)

View Item View Item