Evaluasi program pembelajaran soft skill siswa kompetensi keahlian konstruksi jalan, irigasi, dan jembatan smkn 6 malang / Annisa Firda Maulidya - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi program pembelajaran soft skill siswa kompetensi keahlian konstruksi jalan, irigasi, dan jembatan smkn 6 malang / Annisa Firda Maulidya

Maulidya, Annisa Firda Maulidya (2023) Evaluasi program pembelajaran soft skill siswa kompetensi keahlian konstruksi jalan, irigasi, dan jembatan smkn 6 malang / Annisa Firda Maulidya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya kesiapan kerja seseorang adalah rendahnya keterampilan soft skill yang dimiliki. Rendahnya soft skill yang dimiliki siswa menunjukkan bahwa program pembelajaran soft skill yang diberikan belum efektif untuk membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan soft skillnya. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman pendidik terkait penerapan soft skill masih banyak pendidik yang belum mengetahui karakteristik soft skill yang dibutuhkan oleh peserta didik serta belum ada prosedur baku dalam mengevaluasi tingkat keberhasilan pendidikan soft skill yang telah diberikan. Evaluasi pada program ini sangat diperlukan untuk menilai apakah pelaksanaan program pembelajaran soft skill ini telah berjalan dengan baik atau tidak serta mengetahui kekurangan-kekurangan yang ada didalamnya. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode evaluasi IPO (input process output outcome) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan merupakan siswa kompetensi keahlian Konstruksi Jalan Irigasi dan Jembatan (KJIJ) sebanyak 120 siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan pengukuran gejala pusat (central tendency) distribusi frekuensi serta kategorisasi data yang diinterpretasikan dengan bantuan SPSS Statistic 24 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek input berada dalam kategori cukup dimana letak kekurangan pada aspek ini adalah rendahnya motivasi siswa dan gaya mengajar guru. Aspek process berada dalam kategori cukup dimana letak kekurangan pada aspek ini adalah pembelajaran kepemimpinan pada siswa yang tidak berjalan dengan maksimal. Aspek output berada dalam kategori cukup dimana letak kekurangan pada aspek ini adalah rendahnya keterampilan siswa dalam berpendapat. Aspek Outcome berada dalam kategori cukup dimana letak kekurangan pada aspek ini adalah rendahnya inisiatif siswa ketika siswa sudah terjun ke dunia kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/314651

Actions (login required)

View Item View Item