Pengembangan modul elektronik dasar-dasar konstruksi bangunan progli desain permodelan dan informasi bangunan di smkn 1 blitar / Septyanti Norma Prihastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul elektronik dasar-dasar konstruksi bangunan progli desain permodelan dan informasi bangunan di smkn 1 blitar / Septyanti Norma Prihastuti

Prihastuti, Septyanti Norma Prihastuti (2023) Pengembangan modul elektronik dasar-dasar konstruksi bangunan progli desain permodelan dan informasi bangunan di smkn 1 blitar / Septyanti Norma Prihastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Norma Prihastuti Septyanti. 2023. Pengembangan Modul Elektronik Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Progli Desain Permodelan Informasi Bangunan SMKN 1 Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eko Suwarno M.Ed. M.Pd Kata kunci Modul Elektronik Informasi Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh media pembelajaran berbasis komputer yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar adalah e-modul. Keberadaan e-modul diharapkan dapat menjadi salah satu sumber belajar barubagi peserta didik yang selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui bagaimana pengembangan modul elektronik dasar-dasar konstruksi bangunan progli desain permodelan informasi bangunan SMKN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menyampaikan bahwa konsep dan model pengembangan modul elektronik berbentuk materi yang menjelaskan mengenai K3LH (Kesehatan Keselamatan kerja dan Lingkungan Hidup) dan jenis-jenis konstruksi bangunan. Modul ini secara konsep yakni tenaga pendidik membagikan modul melalui social media (whatsapp). Respon siswa terhadap modul pembelajaran elektronik diperoleh nilai persentase sebesar 84% dalam aspek tampilan sedangkan aspek penggunaan memperoleh persentase sebesar 85% dan aspek materi memperoleh persentase sebesar 87% dari ketiga persentase tersebut diperoleh kategori sangat layak atau sangat baik. Uji kelayakan yang dilakukan oleh para ahli memiliki tiga aspek yaitu aspek tampilan aspek operasional dan aspek isi materi. Uji kelayakan yang dilakukan oleh dosen Universitas Negeri Malang masing-masing memperoleh nilai persentase sebesar 95% 100% dan 90% sedangkan penilaian yang dilakukan oleh guru SMK Negeri 1 Blitar memperoleh persentase masing-masing sebesar 85% 90% dan 81%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Nov 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/314620

Actions (login required)

View Item View Item