Pengaruh diversifikasi produk terhadap keputusan pembelian (studi pada pembeli sepeda motor matic (otomatis) Yamaha di Desa Pajaran, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang) / Rudi Nur Kholis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh diversifikasi produk terhadap keputusan pembelian (studi pada pembeli sepeda motor matic (otomatis) Yamaha di Desa Pajaran, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang) / Rudi Nur Kholis

Kholis, Rudi Nur (2013) Pengaruh diversifikasi produk terhadap keputusan pembelian (studi pada pembeli sepeda motor matic (otomatis) Yamaha di Desa Pajaran, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang) / Rudi Nur Kholis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rudi Nur Kholis. 2012. Pengaruh Diversifikasi produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada pembeli sepeda motor matik (otomatis )Yamaha di Desa Pajaran Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suwarni M.Si. Pembimbing (II) Drs. Djoko Dwi Kusumojanto M.Si Kata Kunci Diversifikasi Produk KeputusanPembelian. Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh terpadu dan menyatu di bidang pemasaran yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan di jalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Sepeda motor menempati peran utama dalam sendi kehidupan masyarakat. Riset menunjukkan pasar di Indonesia telah lama diperhitungkan sebagai salah satu terbesar di dunia. Sejak mulai beroperasi tahun 1974 Yamaha telah menghasilkan berbagai macam produk dan telah memproduksi lebih dari 5 juta unit sepeda motor. Peluang Yamaha untuk mendominasi pasar dimasa depan terbentang luas karena Yamaha mengutamakan kualitas kesempurnaan produk inovasi tanpa henti termasuk aspek pelayanan pada konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah diversifikasi konsentris diversifikasi horizontal dan diversifikasi sinergis mempengaruhi keputusan pembelian. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif korelasional penelitian ini berusaha untuk menjelaskan apakah variabel diversifikasi konsentris diversifikasi horizontal dan diversifikasi sinergis memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Yamaha pada warga desa pajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna sepeda motor matik Yamaha pada warga Desa Pajaran teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Dalam menetukan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan hasil sebanyak 71 responden. Dua buah variabel di gunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (X) diversifikasi produk yang terdiri dari beberapa subvariabel yaitu diversifikasi konsentris (X1) diversifikasi horizontal (X2) dan diversifikasi sinergis (X3). Sedangkan variabel terikatnya (Y) yaitu keputusan pembelian konsumen. Hasil penelitian ini melalui proses pengolahan data di peroleh (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara diversifikasi konsentris terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Yamaha.(2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara diversifikasi Horizontal terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Yamaha.(3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara diversifikasi sinergis terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Yamaha. (4) secara simultan diversifikasi konsentris diversifikasi horizontal dan diversifikasi sinergis memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Yamaha. (5) variabel diversifikasi konsentris (X1) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian konsumen karena mempunyai nilai B dan nilai SE (Sumbangan Efektif) terbesar. Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubung dengan hasil penelitian yang telah diperoleh adalah (1) perusahaan hendaknya memperhatikan kembali tentang kelemahan produk-produknya sehingga perusahaan akan mengetahui keluhan-keluhan dari konsumen dan dapat melakukan perbaikan-perbaikan terhadap produknya (2) perusahaan diharapkan bekerja lebih baik lagi yaitu dengan cara mengembangkan atau menambah produk-produk baru yang memiliki strategi atau kaitanya dengan teknologi dalam hal pemasaran (3) variabel diversifikasi sinergis juga menjadi variabel yang memiliki pengaruh paling kecil. Hal ini perlu perhatian melalui perbaikan-perbaikan pada setiap produk Yamaha sehingga produk dari Yamaha akan semakin lebih baik lagi. (4) variabel diversifikasi konsentris juga menjadi variabel yang dominan di antara variabel yang lain. Hal ini harus menjadi perhatian perusahaan untuk dapat memotivasi perusahaan untuk lebih baik lagi. (5) Bagi Peneliti lain Diharapkan penelitian berikutnya yang ingin melakukan penelitian dengan tema yang sama diharapkan untuk meneliti variabel lain seperti iklan kualitas produk dan lain-lain. Untuk mengembangkan penelitian atau menganalisis permasalahan ini dengan menggunakan metode penelitian lainnya. selain itu penelitian berikutnya diharapkan memperluas tempat penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31461

Actions (login required)

View Item View Item