Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian produk handphone Nokia (studi pada siswa pengguna handphone Nokia di SMAN 1 Grati Pasuruan) / Darma Harfiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian produk handphone Nokia (studi pada siswa pengguna handphone Nokia di SMAN 1 Grati Pasuruan) / Darma Harfiansyah

Harfiansyah, Darma (2013) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian produk handphone Nokia (studi pada siswa pengguna handphone Nokia di SMAN 1 Grati Pasuruan) / Darma Harfiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Harfiansyah Darma. 2012. Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Nokia (Studi pada Pengguna Handphone Nokia di SMAN 1 Grati Pasuruan). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Hermawan M.Si Grad Dip MGT M Bus (II) Afan Hariri Agus Prohimi S.E. M.M. Kata kunci Atribut Produk Keputusan Pembelian. Perkembangan teknologi dan informasi saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat yang menyebabkan perusahaan harus mampu bertahan dan harus memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen. Informasi dan komunikasi pada saat ini menjadi sebuah fenomena yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Pada saat ini konsumen lebih bersifat selektif dan kritis dalam memilih produk yang akan dibeli serta tidak lagi membeli produk sekedar berdasarkan pertimbangan dalam fisik saja. Namun juga termasuk segala aspek pelayanan yang melekat pada produk dan tahap pra pembelian sampai tahap purna beli. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk Handphone adalah atribut produk. Dimana atribut produk pada Handphone Nokia meliputi harga mutu merek kemasan dan fasilitas (layanan pendukung). Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi deskriptif yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan mencatat menganalisis serta menginterprestasikan data dari variable atribut produk yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan Handphone Nokia. Penelitian ini mempunyai dua variable yaitu variable bebas (X) dan variable (Y) dimana variable bebasnya yaitu atribut produk terdiri dari lima subvariable yaitu harga (X1) mutu (X2) merek (X3) kemasan (X4) dan fasilitas (layanan pendukung) (X5). Sedangkan variable terikat (Y) adalah keputusan pembelian dalam membeli produk Handphone Nokia. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMAN 1 Grati Pasuruan yang menggunakan Handphone Nokia. Jumlah populasi sebanyak 286 orang siswa. Sempel pada penelitian ini sebesar 100 orang siswa. Penentuan jumlah sampel tersebut karena adanya keterbatasan dana waktu dan tenaga. Sehingga pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Adapun metode pengumpulan data adalah dengan menyebarkan angket atau kuisioner dan melakukan wawancara kepada responden yang membeli Handphone Nokia. Analisis penelitian yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda dengan uji Asumsi Klasik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan Handphone Nokia Siswa SMAN 1 Grati Pasuruan (2) Ada pengaruh yang signifikan antara mutu terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan Handphone Nokia oleh Siswa SMAN 1 Grati Pasuruan (3) Ada pengaruh yang signifikan antara merek ii terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan Handphone Nokia oleh Siswa SMAN 1 Grati Pasuruan (4) Ada pengaruh yang signifikan antara kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan Handphone Nokia oleh Siswa SMAN 1 Grati Pasuruan (5) Ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas ( layanan pendukung ) terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan Handphone Nokia oleh Siswa SMAN 1 Grati Pasuruan (6) Secara simultan ada pengaruh positif yang signifikan harga mutu merek kemasan dan fasilitas (layanan Pendukung) terhadap keputusan pembelian Handphone Nokia oleh Siswa SMAN 1 Grati Pasuruan. Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama penelitian ini adalah sumbangan efektif atribut mutu terhadap keputusan pembelian Handphone Nokia oleh Siswa SMAN 1 Grati Pasuruan adalah sebesar 17 31 % yang merupakan sumbangan terbesar diantara atribut lainnya yang diteliti. Untuk itu produsen Handphone Nokia perlu terus melakukan riset untuk menciptakan produk-produk terbaru yang saat ini belum ada supaya mutu dan kualitas produknya bisa meningkat dengan bagus dan luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31456

Actions (login required)

View Item View Item