Penggunaan model context, input, process dan product (cipp) dalam evaluasi proses pembelajaran konstruksi jalan dan jembatan menggunakan software netsupport school di smk negeri 6 malang / Alfan Alfian - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model context, input, process dan product (cipp) dalam evaluasi proses pembelajaran konstruksi jalan dan jembatan menggunakan software netsupport school di smk negeri 6 malang / Alfan Alfian

Alfian, Alfan (2023) Penggunaan model context, input, process dan product (cipp) dalam evaluasi proses pembelajaran konstruksi jalan dan jembatan menggunakan software netsupport school di smk negeri 6 malang / Alfan Alfian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada dasarnya proses pembelajaran adalah membangun hubungan antara siswa dan segala sesuatu di sekitar mereka untuk mendorong perilaku yang lebih baik. Proses pembelajaran dinyatakan berhasil apabila tujuan pembelajaran telah dicapai. Oleh karena itu proses pembelajaran harus dilaksanakan secara efektif tepat dan baik. Selain itu siswa SMK khususnya siswa SMK Negeri 6 Malang menyadari pentingnya proses pembelajaran yang efektif termasuk pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan. Namun sebagian besar siswa yang belajar konstruksi jalan dan jembatan tidak memahami teknik dasar menggambar yang menyebabkan kesulitan bagi mereka untuk menggambar jalan dan jembatan di mata pelajaran ini. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif yang dikombinasikan dengan metode analisis deskriptif. Nilai validitas dan reliabilitas instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini telah dihitung dan instrumen tersebut memenuhi persyaratan. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada seluruh siswa jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 6 Malang. Jumlah populasi siswa kelas XII sebanyak 69 siswa dan seluruh populasi dipilih untuk sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada evaluasi variabel context menghasilkan tingkat capaian responden sebesar 71 92% yang termasuk pada kategori baik evaluasi variabel input menghasilkan tingkat capaian responden sebesar 71 15% yang termasuk pada kategori baik evaluasi variabel process menghasilkan tingkat capaian responden sebesar 64 53% yang termasuk pada kategori cukup baik evaluasi variabel product menghasilkan tingkat capaian responden sebesar 75 06% yang termasuk pada kategori baik. Melihat hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu ada perbaikan dan pembenahan pada variabel process yaitu pada pelaksanaan pembelajaran yang belum efektif hambatan pembelajaran yang belum diatasi dan kesiapan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:29
Last Modified: 23 Sep 2024 06:46
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/314540

Actions (login required)

View Item View Item