Chomsawati, Emila Chomsawati (2024) Evaluasi program prakerin model ipo pada kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan di smk negeri 6 malang / EMILA CHOMSAWATI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Praktik kerja industri (prakerin) merupakan suatu bentuk penyelenggara Pendidikan keahlian kejuruan yang memadukan secara sistematis dan sejalan dengan program pendidikan di sekolah menengah kejuruan dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui bekerja langsung pada pekerjaan sesungguhnya di industri untuk mencapai tingkat keahlian profesional tertentu. Setiap program yang dilaksanakan tentunya membutuhkan evaluasi terutama terhadap program yang belum di evaluasi dan yang akan dijalankan jangka panjang. Prakerin pada kompetensi DPIB SMKN 6 Malang dilaksanakan secara offline dengan pembelajaran dan pembekalan materi dilaksanakan online sebelumnya karena pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil evaluasi pelaksanaan prakerin di DPIB SMKN 6 Malang ditinjau dari aspek input proses dan produk. Adapun jenis penelitian ini dikategorikan jenis penelitian evaluatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi yang dikembangkan oleh Stake yaitu Countenance Model. Evaluasi model Stake yang meliputi Input Process dan produk Output (IPO) dengan responden 68 siswa. Teknik pengumpulan data berupa nilai hasil prakerin dan angket. Evaluasi program prakerin di SMK Negeri 6 Malang jurusan DPIB yaitu input secara keseluruhan termasuk kategori ldquo Baik rdquo dengan hasil rerata 79 70. Akan tetapi ada item dari indikator kualifikasi siswa yang mendapat skor terendah yaitu dalam hal kesiapan berupa kondisi fisik kesehatan dan mental untuk melaksanakan prakerin mendapat skor rendah yaitu 70 00 dengan kategori ldquo Cukup rdquo dan kesiapan siswa dalam hal kemampuan melaksanakan prakerin dengan bekal kompetensi yang sudah didapatkan saat pembelajaran di kelas mendapat skor rendah yaitu 68 00 dengan kategori ldquo Cukup rdquo . Evaluasi proses termasuk kategori ldquo Baik rdquo dengan hasil rerata 79 41 akan tetapi terdapat permasalahan yaitu proses pengajaran oleh guru pembimbing. yang kurang maksimal yaitu dalam hal pembimbingan rutin dan memberikan pembinaan kepada siswa setiap minggu sekali/lebih memperoleh skor terendah 70 00 dengan kategori ldquo Cukup rdquo dan pembimbingan rutin memeriksa laporan harian siswa memperoleh skor 66 00 dengan kategori ldquo Cukup rdquo . Evaluasi output sudah ldquo Baik rdquo . Output program praktek kerja industri tercermin dari rata-rata nilai hardskill siswa yaitu 83 94 dan rata-rata nilai soft skill siswa yaitu 83 36.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/314539 |
Actions (login required)
View Item |