Pengaruh lingkungan keluarga, efikasi diri dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi s1 pendidikan teknik bangunan angkatan 2019 universitas negeri malang / Carissa Rahma Arsyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga, efikasi diri dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi s1 pendidikan teknik bangunan angkatan 2019 universitas negeri malang / Carissa Rahma Arsyadi

Arsyadi, Carissa Rahma (2023) Pengaruh lingkungan keluarga, efikasi diri dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi s1 pendidikan teknik bangunan angkatan 2019 universitas negeri malang / Carissa Rahma Arsyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa diantaranya lingkungan keluarga efikasi diri dan minat belajar. Prestasi belajar mahasiswa dapat menjadi penentu berhasil tidaknya suatu proses pendidikan sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga efikasi diri dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang angkatan 2019. Rancangan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini diambil dari seluruh populasi yakni mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2019 sebanyak 89 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan uji coba terpakai yang mana hasil pengujian akan langsung digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Teknik dalam mengumpulkan data adalah kuesioner dengan media google form serta dokumentasi berupa nilai dari pihak departemen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS Statistic 25 baik untuk uji prasyarat maupun uji hipotesis dengan metode analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan lingkungan keluarga berpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar tetapi secara tidak langsung melalui variabel perantara minat belajar didapatkan pengaruh yang tidak signifikan. Efikasi diri tidak berpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar sedangkan secara tidak langsung melalui variabel minat belajar didapatkan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Sementara itu minat belajar secara langsung berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2023 04:29
Last Modified: 25 Sep 2024 06:30
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/314537

Actions (login required)

View Item View Item