Prayogo, Galih Ageng Prayogo (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi tiktok untuk mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior di smk negeri 2 trenggalek / Galih Ageng Prayogo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Prayogo Galih Ageng. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok Untuk Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Desain Interior. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muhammad Aris Ichwanto S. Pd. M.A. Ph. D. (II) Drs. Eko Suwarno M.Ed. M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Video Tutorial Aplikasi Tiktok Autocad SMKN 2 Trenggalek Siswa XI DPIB Di Indonesia masyarakat sudah sangat aktif memakai sosial media seperti Tiktok media sosial digunakan secara aktif oleh masyarakat Indonesia. Para siswa menggunakan media sosial untuk mencari berbagai macam informasi dan untuk mencari hiburan saja dari hasil observasi hal ini menyebabkan siswa tidak fokus ke pembelajaran karena mereka fokus ke media sosial seperti Tiktok siswa juga sulit untuk memahami materi pembelajaran karena kurangnya minat siswa untuk belajar. Oleh karena itu media sosial Tiktok sebaiknya digunkan untuk media pembelajaran. Tujuan dari penelitian media pengembangan ini yaitu 1). Menghasilkan media berupa video pembelajaran berbasis aplikasi Tiktok untuk mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior di SMK Negeri 2 Trenggalek 2). Mengetahui kelayakan media video berbasis pembelajaran berbasis aplikasi Tiktok untuk mata pelajaran Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior di SMK Negeri 2 Trenggalek. Penelitian pengembangan media video pembelajaran berbasis aplikasi Tiktok ini menggunakan metode pengembangan ADDIE untuk pembuatan media video pembelajaran berbasis aplikasi Tiktok. Pemilihan model ini didasarkan pada kemudahan pemahaman sistematika dan relevansinya dalam pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan untuk siswa kelas XI SMK Negeri 2 Trenggalek untuk mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Jurusan DPIB (Desain Pemodelan dan Informasi bangunan). Data yang dikumpulkan yaitu data kualitatif dan kuantitatif dan instrumen yang digunakan adalah kuesioner atau angket. Sasaran dari penelitian dan pengembangan video berbasis aplikasi Tiktok ini yaitu membuatkan media pembelajaran untuk mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan desain interior untuk siswa kelas XI DPIB SMKN 2 Trenggalek. Hasil dari media pengembangan video pembelajaran berbasis aplikasi Tiktok ini memperoleh nilai validitas yang baik Dengan skor presentase validasi ahli media yaitu 99 07% dengan kategori ldquo sangat layak rdquo dan skor prsentase validasi ahli materi yaitu 98 33% dengan kategori ldquo sangat layak rdquo juga. Selain itu dilakukan uji coba kepada kelompok kecil dengan 10 responden mendapat skor yaitu video 1 mendapat 93 67% video 2 mendapat 92 17% video 3 medapat 93 50% video 4 mendapat 93 25% video 5 mendapat 93 25% kelima video tersebut termasuk dalam kategori ldquo sangat layak rdquo . Dan untuk kelompok besar dengan responden 65 siswa mendapat skor yaitu video 1 mendapat 88 36% video 2 mendapat 87 10% video 3 medapat 88 59% video 4 mendapat 88 03% video 5 mendapat 87 87% kelima video juga mendapat kategori ldquo sangat layak rdquo . Dengan demikian media video pembelajaran berbasis aplikasi Tiktok ini dianggap sangat layak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/314525 |
Actions (login required)
View Item |