Pengaruh penguasaan mata pelajaran aplikasi perangkat lunak perancangan interior gedung dan estimasi biaya konstruksi terhadap pelaksanaan praktik kerja industri / Ida Ayu Sulistyoningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penguasaan mata pelajaran aplikasi perangkat lunak perancangan interior gedung dan estimasi biaya konstruksi terhadap pelaksanaan praktik kerja industri / Ida Ayu Sulistyoningsih

Sulistyoningsih, Ida Ayu Sulistyoningsih (2023) Pengaruh penguasaan mata pelajaran aplikasi perangkat lunak perancangan interior gedung dan estimasi biaya konstruksi terhadap pelaksanaan praktik kerja industri / Ida Ayu Sulistyoningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan perwujudan dari program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang diterapkan SMK. Program ini berkolaborasi antara pendidikan dengan dunia industri dimana siswa secara langsung diberikan contoh nyata bekerja di dunia industri. Keberhasilan pelaksanaan prakerin dipengaruhi dari aspek pengetahuan keterampilan dan sikap kerja yang didapatkan siswa ketika masih di bangku sekolah. Aspek pengetahuan siswa SMK DPIB diperlukan khususnya pada mata pelajaran produktif untuk diterapkan ketika pelaksanaan prakerin. Adapun mata Pelajaran produktif yang paling berkaitan ketika pelaksanaan prakerin yaitu Aplikasi Perangkat Lunak Perancangan Interior Gedung (APLPIG) dan Estimasi Biaya Konstruksi (EBK) sebab kedua mata pelajaran tersebut merupakan basic yang penting dan dikuasai siswa DPIB ketika merambah masuk dunia proyek konstruksi. Tujuan penelitian ini antara lain (1) Mengetahui penguasaan mata pelajaran APLPIG siswa kelas XI DPIB SMK Islam 1 Blitar (2) Mengetahui penguasaan mata pelajaran EBK siswa kelas XI DPIB SMK Islam 1 Blitar (3) Mengetahui pengaruh mata pelajaran APLPIG terhadap pelaksanaan prakerin (4) Mengetahui pengaruh mata pelajaran EBK terhadap pelaksanaan prakerin dan (5)Mengetahui pengaruh mata pelajaran APLPIG dan EBK terhadap pelaksanaan prakerin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian expost facto dengan metode kuantitatif. Tahapan pertama yaitu mengumpulkan data dengan dokumentasi dan angket/kuesioner. Kemudian dilanjutkan dengan uji prasyarat angket dengan menggunakan software SPSS versi 21 dengan melihat Product Moment Pearson dan Cronbach Alpha. Selanjutnya analisis data digunakan teknik deskriptif dan uji asumsi klasik dengan teknik pengujian regresi ganda dengan penggunaan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Penguasaan mata pelajaran APLPIG siswa kelas XI DPIB SMK Islam 1 Blitar tahun ajaran 2022/2023 didominasi predikat baik dengan persentase 83 3% dengan jumlah 30 siswa dan sisanya masuk kedalam kategori cukup (2) Penguasaan mata pelajaran EBK siswa kelas XI DPIB SMK Islam 1 Blitar tahun ajaran 2022/2023 didominasi predikat baik dengan persentase 61 1% dengan jumlah 22 siswa dan sisanya masuk kedalam kategori cukup (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan mata pelajaran APLPIG dengan pelaksanaan prakerin dengan sig. sebesar 0 010 dan sebesar 2 727 (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan mata pelajaran EBK dengan pelaksanaan prakerin dengan sig. sebesar 0 000 dan sebesar 4 350 dan (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung dan Estimasi Biaya Konstruksi dengan pelaksanaan prakerin dengan nilai sig. F sebesar 0 000 dan sebesar 53 148 dan sumbangan efektif yang diberikan secara bersama-sama sebesar 76 3% sedangkan sisanya 23 7% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Dec 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/314522

Actions (login required)

View Item View Item