Firdaus, Iyaka Awala (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis instagram untuk mata pelajaran mekanika teknik pada bidang keahlian bisnis konstruksi dan properti smkn 3 jombang / Iyaka Awala Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemanfaatan teknologi perlu ditingkatkan pada proses pembelajaran Mekanika Teknik hal tersebut disebabkan proses pembelajaran yang dilakukan cenderung monoton ditambah lagi pihak sekolah terkait juga tidak menyediakan buku paket sebagai sarana belajar yang akibatnya siswa tidak memiliki buku bacaan dan hanya mengandalkan catatan yang bersumber dari pembelajaran di kelas. Kurangnya ketersediaan bahan ajar tersebut membuat siswa pasif saat proses pembelajaran sehingga dapat dikatakan pembelajaran yang dilakukan kurang efektif. Oleh karenanya tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan dan menganalisis kelayakan media pembelajaran berbasis Instagram sebagai terobosan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research and Development (R amp D) yang mana menerapkan model Sugiyono dalam pengembangannya dengan hasil berupa produk media pembelajaran berbasis Instagram yang memperoleh skor penilaian dari validator ahlil materil sebesaro 93.94% dan ahli media sebesar 97.7% sehingga keduanya termasuk dalam kategori sangat layak. Sementara itu untuk uji coba yang dilakukan pada siswa memperoleh skor sebesar 74.33% pada uji coba awal dan skor 72.3% untuk uji coba pemakaian dengan kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran berbasis Instagram untuk mata pelajaran Mekanika Teknik pada bidang keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti SMKN 3 Jombang layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 04:29 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 07:03 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/314521 |
Actions (login required)
View Item |