Pengembangan media pembelajaran video tutorial autocad pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perencanaan interior gedung siswa kelas xi jurusan dpib di smk islam 1 kota blitar / Ayu Solgia Wulidal Muamiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran video tutorial autocad pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perencanaan interior gedung siswa kelas xi jurusan dpib di smk islam 1 kota blitar / Ayu Solgia Wulidal Muamiroh

Muamiroh, Ayu Solgia Wulidal Muamiroh (2023) Pengembangan media pembelajaran video tutorial autocad pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perencanaan interior gedung siswa kelas xi jurusan dpib di smk islam 1 kota blitar / Ayu Solgia Wulidal Muamiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Video Tutorial AutoCAD serta menguji kevalidan media pembelajaran video tutorial Uji validasi materi dan validasi media telah digunakan untuk mengembangkan AutoCAD. Proses pembelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Bangunan pada Kelas XI Perancangan Pemodelan dan Informasi Bangunan masih belum maksimal sesuai temuan observasi dan wawancara dengan guru di SMK Islam 1 Kota Blitar. Untuk membantu guru dan siswa dalam memahami materi menggambar yang digunakan pada aplikasi AutoCAD pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perencanaan interior bangunan maka diperlukan bahan pembelajaran yang inovatif. Memanfaatkan model Sugiyono pendekatan pengembangan ini menerapkan metode Research and Development (R amp D). Lima tahapan model penelitian ini adalah sebagai berikut potensi dan permasalahan pengumpulan data desain produk validasi desain dan revisi produk. Lembar validasi diberikan kepada validator ahli media dosen media pembelajaran Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Malang dan validator ahli materi pengajar aplikasi perangkat lunak dan perencanaan interior bangunan di SMK Islam 1 Kota Blitar sebagai bagian dari teknik pengumpulan data. Validitas dan reliabilitas kemudian diuji terhadap data yang telah dikumpulkan sebelum diolah dengan menggunakan rumus persentase. Hasil Penilaian didapatkan hasil pengembangan media Video Tutorial AutoCAD yang dikembangkan terdiri dari 3 Kompetensi Dasar (KD) didapatkan KD 3.11 mendapatkan rata-rata persentase tingkat validitas 94 2% pada KD 3.12 mendapatkan rata-rata persentase tingkat validitas 96 8% dan pada KD 3.13 mendapatkan rata-rata persentase tingkat validitas 95 2%. Dari ketiga Kompetensi Dasar memiliki kriteria ldquo Sangat Layak rdquo dengan demikian media pembelajaran ini dianggap sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Dec 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/314515

Actions (login required)

View Item View Item